Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ternyata, Royal Enfield Dijual Resmi di Indonesia

Kompas.com - 21/10/2014, 15:50 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Yogyakarta, KompasOtomotif – Penggemar sepeda motor lawas asal Inggris, terutama penyuka merek Royal Enfield akan semakin mudah bernostalgia. Sebab, PT Rizky Enerji Indomotor (REI) sudah mendapat izin oleh prinsipal di India sebagai importir di Indonesia, bahkan tak menutup kemungkinan bakal menjadi pemegang merek.

Tidak ada seremoni dan koar-koar, tiba-tiba REI muncul di Kustomfest 2014 belum lama ini di Yogyakarta, sebagai pengisi booth. Semua line up dipajang dalam kondisi baru, punya price list, dan berhasil menarik perhatian. Ternyata sepeda motor ini ready stock dan siap dibawa pulang.

”Sejak kami masuk Desember 2013 sampai saat ini, lebih 80 unit yang terjual. Semuanya dari mulut ke mulut atau dari hubungan pertemanan. Kami memang belum melakukan kegiatan promosi,” jelas Agus Sofiandi atau akrab disapa Andi Buell, salah satu penggagas masuknya Royal Enfield kepada KompasOtomotif, dalam Kustomfest 2014.

KompasOtomotif-donny apriliananda Royal Enfield ke Indonesia punya cerita panjang.

Kronologi
Sebagai pengetahuan sekilas, Royal Enfield yang merupakan salah satu merek kuat Inggris, dibeli pengusaha asal India pada 1995. Desain dan rasa klasiknya dipertahankan. Saat ini sepeda motor diproduksi di Oragadam, Chennai, India, dan diekspor ke berbagai negara secara utuh.

Lalu, bagaimana bisa sampai Indonesia? Andi bercerita, bahwa pada 2012 lalu, bersama kawannya, dia melakukan perjalanan ke Himalaya. Untuk mendaki gunung tertinggi di dunia itu, bekalnya sepeda motor Royal Enfield rakitan India. Kekuatan dan fleksibilitas sepeda motor memikat hatinya dan kawan-kawan, sehingga sepakat untuk mendatangkan ke Indonesia dengan patokan bisnis.

”Akhirnya kami sepakat mencari cara agar bisa memasukkan sepeda motor ini ke Indonesia. Dua unit pertama berhasil kami datangkan Desember 2013, setelah mencapai kesepakatan dengan Royal Enfield. Saat ini kami menjajaki sebagai agen resmi, namun tuntutan mereka terlalu besar. Jadi untuk sementara kami datangkan dengan sistem stok,” terang Andi.

Ada dua tipe yang dipasarkan REI, Cafe Racer dan Classic 500. Tipe yang terakhir dibagi menjadi berbagai warna yang juga dibedakan dari segi harga. Tipe Cafe Racer Continental GT dibanderol Rp 225 juta, lalu tipe Classic 500 Rp 170 juta, dan Classic Chrome-Army Rp 175 juta. Semua harga on the road Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com