Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelumas Mobil Berbahan Dasar Gas Alam

Kompas.com - 15/10/2014, 19:30 WIB

Jakarta, KompasOtomotif – Shell Indonesia meluncurkan pelumas mesin generasi terbaru, Helix Ultra dengan PurePlus Technology, menggunakan gas alam sebagai bahan dasar. Pengenalan produk ini dilakukan di Djakarta Theatre XXI, Rabu (15/10/2014). Diklaim, titik penguapan jauh lebih rendah pada suhu panas ekstrem.

Direktur Lubricants & Commercial Fuels PT Shell Indonesia DR Johari Jalil mengatakan bahwa produk baru ini adalah terobosan. ”Memanfaatkan gas alam untuk menghasilkan pelumas mesin mobil generasi baru ini merupakan hasil riset dan pengembangan selama 40 tahun oleh para ilmuwan Shell yang bekerjasama dengan produsen mobil sport Ferrari,” ujarnya dalam keterangan resmi (15/10/2014).

Dijelaskan Lubricants Technology Manager Shell Global Leo Kin Mun, teknologi baru ini menciptakan molekul ideal untuk ditambahkan ke dalam pelumas mesin. Caranya, menggunakan proses reaksi kimiawi untuk menghasilkan rantai panjang molekul karbon, ideal untuk menciptakan bahan dasar murni dan bersih.

Produk yang dihasilkan dari bahan dasar gas ini juga lebih stabil dibandingkan pelumas berbahan dasar konvensional. Hasilnya, tingkat penguapan rendah pada suhu panas ekstrem dan dapat mengalir dengan lebih baik pada suhu rendah.

Bahan dasar yang dihasilkan dari teknologi Shell PurePlus terjaga tingkat viskositasnya pada suhu rendah yang ekstrm (25-40 derajat celcius). Diklaim, pelumas mudah melumasi begitu mesin dinyalakan. Kemampuan ini dikatakan memberi keuntungan, yaitu membersihkan mesin lebih baik, memberikan perlindungan menyeluruh dan penghematan bahan bakar sekitar 3 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com