Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajal Jalan Mundur Suzuki New APV Luxury

Kompas.com - 12/10/2014, 17:00 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Versi terbaru Suzuki New APV Luxury kini tampil lebih elegan, berbagai perubahan desain pada eksterior dan interior plus tambahan fitur-fitur pelengkap menjadi lambang kemewahan model yang sudah berumur 10 tahun di Indonesia ini.

Setelah diperkenalkan pertama kali pada hari kedua IIMS 2014 dan diluncurkan untuk publik pada 8 Oktober 2014 lalu, Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengajak puluhan pewarta media nasional berada lebih dekat dengan New APV Luxury dalam acara media test drive singkat yang digelar seharian pada 10 Oktober 2014.

Impresi awal, seluruh perubahan pada sekujur tubuh MPV semi bonnet ini semakin elegan dengan desain ciri khas gaya Eropa, lebih membulat dibanding edisi pertama yang keluar pada 2009.  Gril bernuansa krom bagian atas dan bawah memiliki bilah besar yang melebar. Di bemper, lampu kabut ditemani daytime running light dalam satu bingkai. Selain itu, desain pelek juga baru. Sama seperti versi terdahulu APV Luxury menawarkan dua diameter pelek, yakni 15 dan 17 inci.

SIS R4 Kabin tengah APV Luxury dilengkapi dengan jok captain seat yang dilapisi eco leather.

Aura kemewahan juga mencuat pada kabin, paling terasa sebab jok baris kedua tipe captain seat. Seluruh jok dilapisi eco leather untuk tujuh penumpang, selain nyaman ketika bersentuhan dengan kulit bahan ini mudah dibersihkan bila ditempeli noda.

Tak ada perubahan pada mesin, uji berkendara fokus untuk merasakan merasakan kemewahan langsung dari kabin. KompasOtomotif ikut ambil bagian sebagai pengemudi. Duduk di belakang kemudi kesannya mewah, pemandangan aksentuasi kayu pada dasbor dan pintu mendongkrak kesan elegan.

Febri Ardani New APV Luxury sebagai model lifestyle.

Sebagian besar perjalan ditempuh melewati tol. Di sini performa mesin G15A 4-silinder 1.493cc bertenaga 105 tk dan torsi 126 tk bisa digenjot sedikit lebih serius. Sesuai bentuk bodi boxy, karakter pengendaliannya sedikit kaku namun masih bisa ditoleransi.

Febri Ardani Layar kamera parkir New APV Luxury 2 terintegrasi dengan spion kabin.

Kamera parkir
Salah satu fitur kunci tambahan pada Luxury terbaru, untuk pertama kalinya APV dilengkapi kamera parkir. Alih-alih menggunakan headunit sebagai penampil pemandangan, SIS membuatnya terintegrasi dengan spion kabin. Selain karena alasan efisiensi, Head of Product Development SIS 4R Doni Saputra mengatakan teknologi baru pada APV membuatnya lebih modern.

“Kabin APV luas, jendelanya juga besar-besar, sinar yang masuk bisa mengganggu pandangan. Dibanding melihat layar di head unit, lebih tidak mengganggu kalau lihat ke spion kabin. Saat parkir dibantu juga dengan sensor parkir,” kata Doni.

Ketika gigi mundur masuk dalam posisi, secara otomatis layar kamera parkir muncul di spion tengah. Ukurannya kira-kira sepertiga dimensi spion tengah. Posisi layar ada di sebelah kanan agar tidak mengganggu pandangan di kaca spion.

“Aplikasi ini kita kembangkan khusus buat APV. Teknologi yang sama sudah digunakan di mobil mewah dari Eropa,” ujar Doni menambahkan.

Febri Ardani Tantangan slalom mundur dari SIS untuk membuktikan kehandalan kamera parkir. Semua kaca kecuali depan ditutupi,semua spion tak bisa digunakan termasuk spion kabin.

Tantangan
Untuk membuktikan keunggulan teknologi ini, SIS menggelar acara khusus buat para media, “slalom mundur”. Intinya, pengemudi dites berjalan mundur melewati rintangan zig-zag –dibatasi cone- dengan hanya mengandalkan kamera parkir. Mobil yang digunakan New Luxury berwarna hitam, semua kaca ditutup kecuali bagian depan. Bahkan semua spion tidak bisa digunakan, hanya memanfaatkan layar kamera parkir pada spion tengah.

Awalnya anggapan KompasOtomotif memang sulit bisa menyelesaikan tantangan ini tanpa harus berbuat kesalahan. Ada beberapa hal yang harus dipahami yakni posisi mengemudi agak tinggi plus dimensi bodi APV cukup besar (panjang 4.300mm X lebar 1.690mm X tinggi 1.855mm). Ternyata memang sulit, posisi kamera ada di garsnish tengah pintu belakang jadi pandangaannya agak menunduk. Meski begitu penampang mudah terlihat, sedikit penyesuaian tiga kali berbelok di samping cone, seluruh bodi masuk ke garis finis.

Kesimpulan
MPV semi bonnet APV menawarkan hal lain dari model low MPV yang lebih digandrungi masyarakat Indonesia. Tidak hanya fungsional, bodi boxy dengan kabin luas bisa digarap maksimal sebagai kendaraan keluarga nyaman dan mewah. Rancang desain eksterior dan interior baru serta tambahan fitur kamera parkir memperbaiki kekurangan pada APV sudah 10 tahun belum mendapatkan perubahan signifikan.

Harga New APV Luxury
Manual pelek 15 inci Rp 195,2 juta
Matik pelek 15 inci Rp 209,3 juta
Manual pelek 17 inci Rp 199,1 juta
Matik pelek 17 inci Rp 213,2 juta

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com