Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kurikulum Teknik Sepeda Motor Honda Sentuh Sumut

Kompas.com - 10/10/2014, 19:00 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Binjai, KompasOtomotif – PT Astra Honda Motor (AHM) memperluas implementasi Kurikulum Teknik Sepeda Motor (KTSM) Honda dengan menambah 11 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di wilayah Sumatera Utara. Kegiatan ini terus digulirkan AHM sebagai komitmen perusahaan dalam berkontribusi menyiapkan generasi muda Indonesia yang cerdas dan berdaya saing tinggi di industri otomotif.

Kesepakatan untuk menerapkan KTSM Honda ini ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) oleh 11 SMK yang berlangsung di SMK Panca Abadi Bangsa, Binjai, Sumatera Utara, Jumat (10/10/2014). Penambahan jumlah sekolah ini menjadikan total SMK yang mengimplementasikan KTSM Honda hingga awal Oktober 2014 menjadi 218 SMK di seluruh Indonesia.

SMK yang terlibat dalam MoU ini adalah SMK Panca Abdi Bangsa – Binjai, SMK Eka Prasetya – Medan, SMK Muhammadiyah 9 – Medan, SMK Namira Tech – Medan, SMK Negeri 1 Stabat – Langkat, SMK Negeri 2 – Binjai,  SMK Wira Jaya – Deli Serdang,  SMK Negeri 1 Sei Rampah – Serdang Bedagai, SMK Taman Siswa -  Tebing Tinggi, SMK Raudlatul Uluum – Labuhan Batu,  dan SMK Percut Sei Tuan – Deli Serdang.

Untuk mendukung proses belajar mengajar, AHM menyerahkan donasi 11 unit sepeda motor untuk SMK binaannya, serta dukungan pengembangan kurikulum, peralatan praktik di laboratorium sekolah, serta perancangan jadwal praktik kerja industri para siswa.

Tenaga kerja terlatih
Direktur HR, GA, IT, dan SI AHM Markus Budiman mengatakan bahwa melalui program ini perusahaan berharap dapat menciptakan banyak tenaga kerja terlatih yang memiliki daya saing tinggi di industri otomotif, terutama dalam menyongsong era pasar bebas Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

”Kami ingin menjadi bagian yang mampu mengantarkan anak muda alumni SMK mewujudkan impian dan cita-citanya. Kami yakin dengan program KTSM Honda, kualitas lulusan SMK semakin berdaya saing tinggi sehingga siap berkompetisi memasuki dunia kerja atau membuka lapangan kerja sendiri dengan berwirausaha,” ujar Markus dalam siaran persnya.

Alumni SMK KTSM Honda selain memiliki peluang bekerja di jaringan bengkel resmi Honda atau Astra Honda Authorized Service Station (AHASS), juga berpeluang untuk bekerja di pabrik AHM. Bahkan dengan dukungan AHM bersama jaringan main dealer-nya, alumni SMK KTSM ini dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya untuk berwirausaha di industri otomotif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com