Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Ragam Tips Ubah Cover Jok Avanza

Kompas.com - 06/10/2014, 15:15 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Selain mengubah tampilan eksterior, sentuhan pada kabin atau interior kerap dilakukan para pemilik kendaraan agar makin nyaman. Ubahan paling umum yang banyak dilakukan adalah pada jok.

Mengubah jok bisa dengan berbagai cara, baik sekadar memberi sarung atau mengganti lapisan asli menjadi kulit dengan warna dan motif jahitan menyesuaikan selera. Penerapan salah satu model sudah bergantung kebutuhan.

"Paling gampang untuk ubahan di dalam kabin adalah pada jok. Biasanya kami mengganti jok lapis kain dengan lapis kulit. Model kulit itu relatif lebih mudah dibersihkan, dan juga terlihat lebih elegan," jelas Syarif, salah satu pengguna Avanza yang juga tergabung dalam komunitas Avanza.

Febri Ardani Kursi baris kedua diganti captain seat dengan sistem elektrik untuk pengaturan posisi.
Tren cover jok
Sulaiman, ahli jok di salah satu bengkel di kawasan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, mengatakan kepada KompasOtomotif, tren sekarang lebih banyak melapisi dengan cover. Ini dilakukan para pemilik supaya tidak merusak jok asli.

Sulaiman menjelaskan, untuk melapisi jok dan trim, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Antara lain sebagai berikut:

1. Cover
Sifatnya melapisi untuk melindungi jok asli (terutama yang terbuat dari bahan kain) dari kotoran. Tentu, hasilnya kurang rapi, dan bahannya mudah getas dan pecah setelah dipakai 3 tahun. Kelebihan, harga lebih terjangkau. Bahkan ada dengan bahan biasa dibanderol  Rp 750 ribu untuk jok mobil penumpang tiga baris seperti Avanza.

2. Semi Bekleed
Jenis kedua adalah Semi Bekleed yang sifat pengerjaan lebih rapi. Kulit jok tambahan dijahitkan di jok asli. Kalau cover hanya disarungkan, jenis ini dijahit langsung dengan mengikuti kontur. pelapis asli bawaan dealer tetap dipertahankan, sehingga ketika jahitan dicopot, jok asli masih utuh. Jahitan ini sifatnya paten, begitu jahitan dilepas maka untuk memasangnya kembali harus dijahit lagi. Harganya sedikit lebih mahal, tapi tetap terjangkau, sekitar Rp 1 juta ke atas.

3. Bekleed
Ini cara pemasangan pelapis jok paling rapi. Pembungkus jok bawaan benar-benar dilepas, untuk kemudian disisakan busanya saja. Pelapis pengganti dijahitkan pada jok dengan kontur baru atau sesuai selera. Hargannya cukup tinggi, mencapai Rp 3 juta, itu pun bergantung bahan yang dipakai.

Setelah menentukan cara yang dipakai, pilih jenis bahan apa yang akan dipasang. Misalnya, memilih antara kulit asli atau sintetis. Jika ingin melapisi trim dengan nuansa yang sama (misalnya pintu), proses ke-2 dan ke-3 bisa dilakukan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com