Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Baru di California Wajib Kompatibel Mobil Listrik

Kompas.com - 06/10/2014, 13:23 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

California, KompasOtomotif - Salah satu kendala yang dihadapi produsen mobil listrik di Amerika Serikat-pasar mobil listrik terbesar di duna-adalah ketersedian infrastruktur berupa pengisian baterai. Selain itu, setiap mobil wajib menggunakan colokan listrik berspesifikasi 240 volt/40 Ampere supaya bisa mengisi ulang baterai.

Rumah atau tempat tinggal para pemilik mobil listrik juga menjadi salah satu kendala utama, karena tidak dilengkapi dengan spesifikasi aliran yang dibutuhkan. Hal ini juga yang mendorong Palo Alto, produsen teknologi informasi berdasarkan penelitiannya mendesak setiap rumah baru di California wajib kompetibel dengan mobil listrik.

Menurut situs The Long Tail Pipe, dilansir Autoevolution, akhir pekan lalu (4/10/2014), salah satu pembangunan gedung baru di California, berkode CBC2016 menyiapkan infrastruktur berupa pengisian baterai mobil listrik di tempat parkir dan rumah-rumah sekitarnya. Dokumen ini tidak menjelaskan spesifik soal pembangunan stasiun pengisian baterai mobil listrik, tetapi menyiapkan pra sarana jika memang nantinya dibutuhkan.

Ubahan ini juga tidak besar nilainya. Untuk ukuran rumah standar di AS, dana tambahan untuk infrastruktur berupa pengabelan di rumah hanya berkisar 50 dollar AS. Nilai ini jauh lebih murah, ketimbang jika Anda sudah punya rumah, baru kemudian berniat membangun infrastruktur pengisian baterai untuk mobil murah.

Hasil penelitian ini juga menyatakan kalau California membutuhkan lebih dari 1 juta stasiun pengisian baterai pada 2025, baik terpusat atau tingkat rumah tangga. Artinya, daya listrik setiap rumah juga perlu ditingkatkan juga, karena butuh suplai yang lebih besar. Ujungnya, pemerintah wajib mencari sumber pasokan listrik baru karena kebutuhan semakin besar dengan tambahan kepemilikan mobil listrik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com