Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Toyota Soal Perang Diskon

Kompas.com - 19/09/2014, 11:39 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Strategi penjualan dengan menawarkan diskon besar, banyak dilakukan oleh garda depan penjulaan para produsen otomotif. Kondisi ini dijelaskan masih dalam kondisi yang logis, karena stok unit menumpuk di jaringan pemasaran.

Jaringan dealer PT Toyota Astra Motor (TAM) termasuk menjadi salah satu yang memberikan penawaran diskon kepada calon konsumen. Namun, Wakil Direktur TAM Suparno Djasmin menjelaskan situasi tersebut masih dalam kategori normal.

"Adanya perang diskon saat ini masih dalam batasan wajar, karena banyak produsen yang melakukan investasi besar di awal tahun, namun permintaan ternyata sedikit menurun. Akhirnya terjadi kelebihan stok di pasar. Ini yang membuat produsen memberikan diskon," jelas Suparno saat ditemui di booth IIMS Toyota, Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (18/9/2014).

Abong, sapaan akrab Suparno Djasmin melanjutkan, situasi ini akan kembali normal sesuai dengan kekuatan daya beli dari konsumen. Diskon adalah salah satu cara untuk membuat kondisi kembali normal di jaringan pemasaran.

Tahun depan membaik
Toyota masih optimis industri otomotif Tanah Air akan membaik di tahun depan, seiring dengan semakin positifnya ekonomi secara global. Hanya saja memang dibutuhkan stimulus fiskal dari pemerintah agar bisa merangsang perbaikan secara moneter.

"Kami sedang menghitung semua peluang di 2015 nanti, tapi prediksinya membaik dibanding tahun ini, meski ada gejolak sesaat karena rencana kenaikan harga BBM. Tahun ini market share kami ditargetkan 34 persen, 2015 nanti mudah-mudahan bisa naik atau minimal sama dengan sekarang," tutup Abong.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com