Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Saat Avanza G Bereinkarnasi sebagai Veloz

Kompas.com - 19/09/2014, 07:30 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Amie Fitra Ansharie tak betah berlama-lama dengan ubahan mobil itu-itu saja. Setelah sempat hilang dan ditemukan dalam 1X24 jam, Toyota Avanza G lansiran 2012 langsung dirombak total. Paling tidak, tampang tak lagi sama agar tak mengingatkan dengan kejadian yang sempat membuatnya shock itu.

Racing look langsung dipilih sebagai tema. Meski demikian, pria yang akrab disapa Cemonk itu tak ingin terlalu ekstrem. Dirinya pun membeli body kit Avanza Veloz orisinal dari Auto2000. Asuransi mengganti ban semula menjadi ban standar, namun kembali diubahnya ukuran 16 inci. Per masih standar, hanya mendapatkan tambahan lowering kit aftermarket.

Racing boleh, tapi jangan sampai ambles juga. Apalagi saya sudah punya anak dan istri yang sering menaiki mobil ini. Semua saya lakukan agar tetap mempertahankan kenyamanan, tapi penampilan luar lebih sporty dan elegan,” tegas Amie.

KompasOtomotif-Agung Kurniawan Semua rombakan meghindari krom agar tampak sangar.

”Sporty look”
Tak main-main, lampu-lampu sebagai penanda utama diganti. Lampu depan misalnya, diganti dengan model proyektor. Sementara di belakang ganti LED. Semua lampu adalah produk aftermarket. Kap mesin dilapisi stiker warna hitam glossy, berikut atapnya.

Sementara bagian samping dipasangi cutting sticker. Warna biru kapal induk lengkap dengan nomor keanggotaan AXIC terpampang jelas. ”Kalau touring, saya sering didaulat sebagai sweeper. Makanya, saya mencari warna yang identik dengan kapal induk, silver dan biru. Ornamen krom saya hindari karena bapak-bapak banget,” kata Amie.

KompasOtomotif-Agung Kurniawan Interior minimalis agar tetap nyaman.

Interior
Perubahan juga muncul di area interior. Karena tema di awal dua warna, bagian ini juga sama. Jok dilapisi kulit sintetis hitam dan beige. Setir model balap limbahan dari paman pun dipasang untuk menaikkan aura sporty. Tak lupa ditambahkan lampu kabin yang diletakkan di bawah dashboard agar semakin elegan, plus radio komunikasi agar tetap berhubungan dengan komunitas.

Untuk memanjakan anak, head rest dengan monitor dipasang untuk menampilkan video kartun. Audio sedikit dirombak dengan mengganti speaker depan dan penambahan subwoofer. ”Saya belum ada niatan sama sekali untuk menjualnya. Mobil ini mempunyai cerita spesial,” tukas Amie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com