Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Mobil Murah" Dibenci tapi Dinanti

Kompas.com - 16/09/2014, 12:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Dibenci tapi dinanti. Ungkapan ini bisa dipakai menggambarkan kondisi mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC) atau KB2H lansiran Pemerintah Indonesia. Ketika mulai bergulir banyak yang mencibir dengan berbagai alasan. Namun jika dilihat selama delapan bulan 2014, penjualan tak seminor nadanya, justru segmen baru ini semakin melesat.

Data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang menunjukkan LCGC menjadi pasar paling produktif ketimbang segmen lain di Indonesia. Bahkan, beberapa segmen seperti MPV, low MPV, hatchback, mobil perkotaan, hingga SUV justru menurun performanya ketimbang tahun lalu.

"Penjualan LCGC tahun ini cukup menjanjikan, porsinya lumayan besar sekitar 10 persen terhadap total penjualan nasional," jelas Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) di Jakarta, belum lama ini.

Penjualan mobil nasional delapan bulan pertama tahun ini tercatat 830.398 unit, naik 5 persen dari periode yang sama pada 2013 atau hanya 792.357 unit. Sedangkan penjualan seluruh model LCGC mencapai 113.752 unit atau berkontribusi 13,6 persen terhadap total penjualan.

Komposisi ini terbilang positif, mengingat LCGC baru dijual mulai September 2013 lalu. Ini menunjukkan bahwa ada sebagain kalangan yang membutuhkan mobil dengan harga terjangkau, apa pun cibiran yang dilontarkan pihak yang kurang menyetujui.

Agya
Kembali menyisir data penjualan Gaikindo, Toyota Agya masih menjadi LCGC paling laris di dengan penjualan 46.399 unit. Mobil ini bahkan masuk dalam jajaran lima mobil terlaris di Indonesia tahun ini. Peringkat kedua, ada Daihatsu Ayla dengan raihan 29.898 unit, disusul Honda Brio Satya 16.691 unit, Suzuki Karimun Wagon R 12.710 unit, dan Datsun Go serta Go+ (8.054 unit).

Datsun Go Panca yang baru diluncurkan akhir Agustus lalu, baru terjual 151 unit. Penjualan model ini diyakini terus naik masih untuk mengejar target PT Nissan Motor Indonesia, mencakup setidaknya 30 persen dari total penjualan Datsun di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com