Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru "Si Spesialis Touring" Honda VFR800X

Kompas.com - 16/09/2014, 10:59 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Slough, KompasOtomotif — Perubahan total dilakukan Honda Eropa untuk VFR800X Crossrunner. Sepeda motor yang didesain untuk para penyuka touring jarak jauh ini mendapat banyak revisi, mulai dari tenaga yang lebih besar, torsi mantap di putaran menengah, sedikit styling, hingga kaki-kaki baru.

Crossrunner sudah dijual sejak 2011 dan belum ada perubahan hingga sekarang. Saat itu, sepeda motor mengadopsi sasis dan mesin VFR800 lama dan dengan posisi berkendara yang dinaikkan sedikit agar lebih cocok untuk touring.

Desain
Untuk model baru, hampir semua bagian memperoleh perbaikan. Perubahan paling penting ada pada posisi berkendara yang dibuat semakin agresif. Tampang juga lebih sangar, sementara lampu depan sedikit mengadopsi kepunyaan CBR600RR yang semakin tajam dengan teknologi LED.

Secara keseluruhan, desain dibuat lebih banyak sudut. Ciri khas yang paling bisa dilihat adalah munculnya desain fairing baru. Sepeda motor berdiri pada rangka twin-beam yang terbuat dari aluminium dengan subframe baru yang diklaim lebih ringan, selain juga memiliki desain lengan ayun baru.

motorcyclenews Semakin nyaman dipakai berkendara jarak jauh berkat perbaikan pada kaki-kaki.

Suspensi teleskopik di depan lebih panjang, yakni 25 mm. ABS menjadi sistem standar, menemani roda 17 inci dengan pelek aluminium yang punya peranti rem cakram empat piston. Ukuran ban 120 di depan dan 180 di belakang memastikan bahwa sepeda motor semakin optimal di jalanan aspal.

Performa
Mesin tipe VTEC 90° V4 DOHC 16-katup 800 cc bertenaga 106 tk. Torsi di putaran rendah-menengah dikatakan semakin baik. Honda VFR800X 2015 ini sudah dilengkapi Selectable Torque Control System (S-TCS) untuk menambah daya cengkeram roda belakang dengan cara mengurangi torsi.

Harganya belum disebutkan. Yang jelas, model ini hanya untuk konsumen di Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com