Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan mulai Jual Leaf "Lokal" di China

Kompas.com - 15/09/2014, 09:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Autoblog

Shanghai, KompasOtomotif - Setelah resmi tampil di Beijing Auto Show, kuartal pertama 2014, akhirnya Nissan mulai memasarkan mobil listriknya di China. Kalau di belahan dunia lain Nissan memasarkan Leaf, di China ada perbedaannya. Nissan bergandengan tangan dengan Dongfeng, memasarkan mobil listriknya dengan sebutan Venucia e30.

Langkah ini dinilai cukup berisiko besar, meskipun melihat China sebagai pasar mobil terbesar di dunia saat ini. Sebelum pemasaran resmi dilakukan, Dongfeng Nissan Passenger Vehicle Company (DFL-PV) sudah melakukan tes pasar dengan mencoba 300 unit Venucia e30 di seluruh China.

KompasOtomotif bahkan pernah menyaksikan langsung mobil listrik murni ini digunakan oleh salah satu armada taksi di Guangzhou, China, April 2014. Langkah ini dilakukan untuk menyosialisikan penggunaan mobil listrik dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam uji coba itu, Nissan juga menyimpulkan kalau mengendarai mobil listrik mampu menghemat pengeluaran sehari-hari hingga 85 persen ketimbang kendaraan konvensional. Selain itu, bisa menempuh jarak 35 mile (56,3 km) hanya dalam pengisian baterai cepat, 5 menit saja.

Insentif
Di China, Venucia e30 dibanderol 267.800 yuan atau Rp 518,5 juta, belum termasuk insentif dari pemerintah. Pemasaran Venucia akan fokus pada beberapa kota besar di China, seperti Beijing, Shanghai, Guangzhou, Shenzhen, Dalian, Wuhan, Tianjin, Zhengzhou, dan Hangzhou. Kota lainnya, baru akan menyusul tahun depan.

Di AS Leaf terjual 3.186 unit, Agustus 2014, rekor tertinggi bulanan yang pernah diraih Nissan. Sedangkan Januari-Agustus 2014 total penjualan Nissan naik 34 persen menjadi 18.841 unit dibandingkan periode sama tahun sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Autoblog
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com