Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Audi Ciptakan Sistem "Auto Pilot" Khusus Macet

Kompas.com - 10/09/2014, 10:40 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Bloomberg

Frankfurt, KompasOtomotif - Audi AG berencana meluncurkan teknologi baru otonomos yang khusus digunakan pada kondisi jalan macet di perkotaan. Teknologi ini dipilih karena semakin banyak prinsipal otomotif mengembangkan teknologi otonomos untuk di jalan tol, tetapi masih pro dan kontra terkait keamanannya.

Sistem "auto pilot" milik Audi ini akan mengoperasikan setir, rem, dan gas dalam kondisi jalan
"stop and go". Teknologi ini juga hanya mampu mengendalikan mobil maksimal 37 mph atau 59,9 kpj. Axel Strobek, Kepala bidang Keuangan Audi membeberkan rencana ini dalam pidatonya di Sekolah Tinggi Keuangan Frankfurt, dilansir Bloomberg (9/9/2014).

Teknologi ini, menurut Strobek akan tersedia "dalam waktu dekat", tanpa mau menyebut kapan pastinya. Untuk menunjukkan kesiapan, tekonologi baru tersebut sudah diuji di jalan tol Florida, Amerika Serikat, Agustus 2014 lalu.

Pengumuman yang disampaikan Audi ini hanya berselang dua hari setelah General Motors mengatakan siap memperkenalkan Cadillac dengan teknologi otonomos dalam dua tahun mendatang. Selain itu, Daimler AG dan Nissan juga tengah mengembangkan hal serupa.

Suatu saat, kita akan disuguhi mobil-mobil pintar yang bisa mengemudi sendiri tanpa campur tangan penumpang, khususnya membantu saat terjadi kemacetan. Menyenangkan bukan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com