Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Semi-Otonomos GM Lahir pada 2016

Kompas.com - 09/09/2014, 10:40 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Detroit, KompasOtomotif - General Motors (GM) tidak mau ketinggalan dalam pengembangan mobil otonomos (tanpa pengemudi). Penerapannya akan diawali dengan teknologi Super Cruise semi-otonomos yang akan dipasangkan pada semua model baru merek mewah Cadillac pada 2016 mendatang.
 
CEO GM Mary Barra mengungkapkan, teknologi Super Cruise semi-otonomos ini akan menjadi sistem kemudi yang tersemat pada semua model baru Cadillac tahun 2017. Bila mengunakan nama "model 2017", maka sesuai tradisi, mobil tersebut bakal lahir di 2016 atau setahun lebih cepat.

Sistem Super Cruise menggunakan kamera dan sensor untuk mengemudikan kendaraan secara otomatis. Pabrikan asal Michigan, Detroit, AS, ini menjelaskan, teknologi tersebut akan menawarkan pengalaman berkendara yang baru kepada konsumen. Pengemudi tidak lagi memerlukan tangan dan kaki saat mengikuti lajur berkendara, pengereman atau kontrol kecepatan pada situasi di jalan bebas hambatan

Selain mengkonfirmasi Super Cruise, Barra juga menyebutkan bahwa Cadillac CTS 2017 akan dilengkapi teknologi komunikasi vehicle-to-vehicle (V2V). Teknologi V2V ini memungkinkan kendaraan untuk mengirim atau menerima informasi terkait kecepatan, lokasi, dan tujuan perjalanan. Informasi ini bisa menjadi acuan untuk pengemudi dan mobil lain, agar terhindar dari potensi kecelakaan dengan waktu yang cepat.

"Semua gelombang inovasi telah direspons oleh industri otomotif global. Kita melakukan lompatan ini untuk tetap terdepan dan menjadi pemimpin pada era teknologi baru. Kami tidak melakukan ini demi keuntungan sendiri, tapi kami melakukannya karena memang diinginkan semua konsumen di dunia. Melalui teknologi dan inovasi, kami akan membuat berkendara lebih aman," jelas Mary Barra seperti dilansir Worldcarfans, Selasa (9/9/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com