Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Forte Jadi Mobil Paling Aman

Kompas.com - 09/09/2014, 09:32 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Los Angeles, KompasOtomotif - Kia Forte model 2015 sukses membawa pulang sertifikasi rating bintang lima keselamatan Lembaga Nasional Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya (NHTSA) Amerika Serikat (AS). Ini berkat penguatan pada struktural bodi dan penambahan fitur keselamatan sebagai standar dari Forte generasi kedua.

Meskipun hanya dijual dengan harga 15.890 dollar AS (Rp 186,4 juta), model teranyar milik pabrikan asal Korea Selatan ini mendapat nilai maksimum lima setelah menjalani tes tabrak samping, dan nilai empat pada tes tabrak dari depan dan atas.

Insinyur Kia menanamkan baja berkekuatan tinggi dibanding model sebelumnya, terutama pada pilar A dan frame jendela di sisi bawah. Spesifikasi model paling standar LX juga sarat dengan fitur keselamatan. Tersemat kantung udara, kontrol stabilitas elektronik, kontrol traksi dan Vehicle Stability Management (VSC), kolom kemudi yang bisa menyerap benturan, sistem Brake Assist (BA) dan Electronic Brake-force Distribution (EBD).

Orth Hedrick, Wakil Presiden Perencanaan Produk Kia Motors America menyatakan, rating bintang lima yang diraih Kia Forte 2015 ini memperkuat komitmen perusahaan dalam hal keselamatan.

"Forte menggabungkan desain mencolok, kualitas luar biasa, dan nilai tinggi dari merek kami. Dikenal dengan performa keamanan yang baik dan itu dibuktikan dalam tes kecelakaan yang ketat dari NHTSA. Kami sangat bangga dengan generasi kedua Forte," jelas Hedrick seperti dilansir Autoevolution, Selasa (9/9/2014).

Dirancang di studio desain Stateside Kia di Irvine, California, Forte berada di antara Rio sedan dan Optima. Forte hadir dengan dengan bahu lebar dan gaya sedan modern. Menggendong mesin 2.0L dengan daya mencapai 173 tk, dikawinkan dengan transmisi otomatis enam percepatan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com