Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rombak Kaki-kaki demi Kompetisi "Off-Road"

Kompas.com - 02/09/2014, 15:53 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Daniel Zebedeus, salah satu pemodifikasi spesialis mobil off-road asal Bandung, mempunyai ramuan khusus meracik Cherokee XJ. Tentunya bertujuan agar lebih terampil melibas rintangan berupa gundukan tanah dan tikungan bergelombang, khas medan off-road.

Populasi mobil dengan ciri khas SUV Amerika Serikat ini di balapan off-road Indonesia memang cukup populer. Menurut Daniel, alasan utamanya karena XJ mempunyai sasis yang kuat dan lentur, jarak poros roda 2.576 mm cocok digunakan “melibas” berbagai rintangan tanah. Selain itu, XJ gampang dicari dan harga relatif terjangkau.

SMN Sport Tipe solid axle di bagian depan diganti menjadi independen.

Namun, ada satu kekurangan, "kaki" depan XJ menggunakan solid axle. Daniel mengungkapkan, spesifikasi ini masih kurang mantap dibanding kontestan lain. Solusi dari masalah dijawab dengan lantang. Solid Axle dipensiunkan, diganti suspensi independen khusus buat roda depan.

Dalam keterangan resmi dari SMN Sport, pekan lalu, disebutkan, transformasi dari solid axle menjadi independen pada kaki depan Cherokee XJ diklaim sebagai yang pertama di dunia. Hal ini disimpulkan dari berbagai komentar di forum khusus off-road dan Cherokee.

SMN Sport Tenaga dua kali lipat. Dihasilkan mesin baru, Toyota 1JZ 6-silinder segaris, 2.5L bertenaga 300-350 PS.

300 tk
Ubahan ekstrem tidak hanya itu. Di bagian mesin, mesin asli 6-silinder segaris, 4.0L diganti memakai mesin Toyota 1JZ 6-silinder segaris, 2.5L, yang sudah dilengkapi turbocharger. Kemampuannya bertambah dua kali lipat, tenaga sekarang sekitar 300-350 PS.

Cherokee XJ milik Daniel yang bergabung di tim 7Saudara akan bertanding di putaran ke-4 Indonesia eXtreme Offroad Racing yang akan berlangsung pada 13-14 September mendatang di Sirkuit Offroad Gedongombo Semanding, Tuban, Jawa Timur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com