Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rivalitas Majesty dan PCX150 Sampai AS

Kompas.com - 29/08/2014, 17:14 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

California, KompasOtomotif – Honda PCX150 akan mendapatkan rival tangguh dari Yamaha di Amerika Serikat. California Air Resources Board (CARB)—semacam lembaga pengendalian emisi kendaraan baru—mendapatkan pemesanan sertifikat lulus uji untuk skuter matik XC155. Artinya, persaingan antara dua skuter bongsor ini sudah merambah benua lain.

Dilansir Motorcycle, Kamis (28/8/2014), model ini sudah dikenalkan di Jepang lewat Tokyo Motorcycle Show tahun lalu, dan untuk pasar Asia pada Agustus 2013 dengan nama Majesty S serta SMax. Bekal mesin lebih besar sedikit ketimbang jagoan Honda, yakni 155cc SOHC empat katup berpendingin cairan.

motorcycle Yamaha XC155 atau Majesty.

Klaim Yamaha, tenaga yang dihasilkan mencapai 13 tk @7.500 rpm dan torsi 13,9 Nm @6.000 rpm. Kapasitas tangki mencapai 7,5 liter, dengan konsumsi bahan bakar rata-rata 37,5 kpl.

Model ini akan menemani Majesty 395 yang sudah dipasarkan di AS sejak tahun ini. Meski modelnya sama dengan yang diluncurkan di Asia, diklaim mesin dikembangkan khusus untuk nama XC155. Nantinya, teknologi baru akan dikenalkan juga untuk pasar Eropa.

Perbedaan siginifikan terletak pada posisi radiator dan kipas pendingin yang sekarang diletakkan di bagian kanan skuter. Ini membuat kaki semakin banyak mendapatkan ruang untuk berpijak. Suspensi belakang menggunakan model horizontal, diklaim memperbaiki distribusi bobot. Fitur lain termasuk lampu LED, pelek 13 inci, dan kapasitas bagasi 32 liter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com