Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Asia dan Eropa Paling Memuaskan di AS

Kompas.com - 26/08/2014, 22:17 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

New York, KompasOtomotif - Merek Asia dan Eropa mendominasi hasil survei konsumen tahunan Amerika Serikat, menyangkut tingkat kepuasan pada satu merek otomotif. Selain itu, secara keseluruhan, tingkat kepuasan konsumen terhadap industri (otomotif) juga turun 2 tahun terakhir secara berturut-turut.

Menurut Indeks Kepuasan Pelanggan AS (ACSI) 2014, dilansir Automotive News (25/8/2014), merek lokal yang diwakili oleh trio Detroit turun, meskipun masih bisa menjaga jarak dengan rival Asia dan Eropa. Hasil survei terakhir menyimpulkan kalau seluruh kepuasan konsumen pada merek otomotif turun 1 poin menjadi 82 dari skala 100.

Peringkat
Mercedes-Benz menduduki peringkat teratas dengan nilai 86, mempertahankan prestasi sama dalam dua tahun beruntun, meskipun dari jumlah nilai, turun 2 poin. Duduk diperingkat kedua, ada Subaru dengan nilai 85, turun 1 poin dari tahun lalu.

Posisi selanjutnya, diisi Lexus dan Volkswagen yang memperoleh nilai sama 84. Toyota, Honda, dan Buick juga mendapat nilai sama 83. Sedangkan, GMC, Kia, Chevrolet menutup peringkat 10 besar dengan nilai 82. Buick, menjadi satu-satunya merek domestik AS yang bisa memperoleh nilai di atas rata-rata industri, 82 poin.

"Sejarahnya, ada perbedaan nilai yang cukup besar, antara merek AS, Eropa, dan Asia. Meskipun semua turun tahun ini, tapi nilai yang semakin mendekat membuat hal positif bagi produsen otomotif asal AS," beber Forrest Morgeson, Direktur Peneliti Indeks Kepuasan Pelanggan Konsumen AS.

Studi ACSI digulirkan berdasarkan hasil survei, dengan metode wawancara lewat telepon dan surel terhadap 4.360 konsumen di AS, pada 22 April-29 Mei 2014. Mereka yang diteliti merupakan pelanggan yang sudah memiliki mobil dalam tiga tahun terakhir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com