Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Avanza Pop You Up

Redam Hasrat "Upgrade" Audio demi Sang Ibu

Kompas.com - 20/08/2014, 12:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Faktor kenyamanan lebih pada kabin, menjadi alasan Wiyardinata, salah satu pengguna Avanza yang tampil di Avanza Pop You Up rela menyisihkan sedikit penghasilannya.

Merasa sudah cukup puas dengan suguhan dashboard dari Avanza Veloz keluaran 2012, Erwin, begitu ia akrab dipanggil, mengaku hanya fokus memberikan sentuhan-sentuhan tambahan agar makin ciamik.

Gemar mendengarkan lantunan musik, membuat Erwin merasa wajib mengganti head unit dengan tipe layar sentuh tujuh inci. Sistem audio 2-DIN ini bisa memutar CD, DVD, dan data musik digital via USB, jadi lebih fleksibel dalam menikmati suguhan multimedia.

Agung Kurniawan/KompasOtomotif Bagian kabin tengah Avanza Veloz milik Erwin
Penumpang baris kedua juga tidak luput dari suguhan hiburan. Sepasang layar di balik sandaran jok depan jadi pusat utama. "Waktu memasang layar di sandaran jok depan, cukup rumit juga karena harus presisi. Akhirnya, berhasil dibantu membuat dudukan di Pasar Cipete, sehingga terlihat rapi," jelas Erwin yang juga terdaftar sebagai anggota aktif komunitas Velozity kepada KompasOtomotif, belum lama ini.

Supaya suguhan visual ditopang dengan audio yang mumpuni, kini giliran sektor sumber suara kena "upgrade". Hal pertama yang dilakukan adalah dengan mengganti semua speaker bawaan. Paling rumit memasang twitter di kedua ujung dashboard, harus membuat rumah khusus sebagai dudukan.

Pada sisa ruang di balik jok baris ketiga, Erwin mencoba memaksimalkannya dengan menaruh subwoofer. Alhasil, bagasi yang semula bisa untuk menaruh barang bawaan sedikit diubah demi tatanan audio lebih baik.

"Tadinya, jok belakang mau digulung habis. Tapi, ibu saya bilang 'Memang saya tidak boleh numpang mobil kamu nak,' akhirnya mengalah demi orang tua," celoteh Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com