Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Mobil Tentukan Kualitas Edukasi dan Kemakmuran Seseorang

Kompas.com - 24/07/2014, 13:20 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Schaumburg, KompasOtomotif — Satu penelitian baru dilakukan oleh Experian Automotive, yang menyatakan bahwa jenis kepemilikan mobil berkaitan langsung dengan kualitas edukasi dan kemakmuran seseorang. Penelitian ini dilakukan terhadap rata-rata pengemudi mobil di Amerika Serikat (AS).

Disimpulkan, pemilik mobil atap terbuka (convertible) terbukti punya tingkat pendidikan lebih baik dan level kehidupan ekonomi yang lebih makmur. Dalam penelitian itu dibeberkan, sepanjang kuartal pertama 2014, lebih dari 50 persen konsumen convertible merupakan lulusan S-1. Sementara dari seluruh pembeli mobil baru secara umum, hanya 38,2 persen yang punya pendidikan sama.

Selain itu, hampir 19 persen konsumen convertible memiliki rata-rata pendapatan 175.000 dollar AS per tahun (Rp 2,01 miliar). Selain itu, 11,7 persen pemilik mobil ini tinggal di rumah seharga lebih dari 1 juta dollar AS (Rp 11,5 miliar).

Sementara itu, dari seluruh pembeli mobil baru, hanya 10,7 persen yang punya pemasukan sama dan 4,4 persen punya rumah besar senilai sama.

"Salah satu presepsi tua terhadap mobil convertible adalah dikendarai oleh konsumen yang hidup di daerah tropis, di garis pantai. Hasil penelitian kami juga menyimpulkan kalau pengemudi mobil ini lebih mapan. Hal ini menjelaskan mengapa banyak mobil premium yang biasanya menawarkan varian atap terbuka," beber Brad Smith, Direktur Experian Automotive, Rabu (23/7/2014).

Populasi
Selain itu, penelitian ini juga memetakan populasi mobil atap terbuka di AS yang terjual dalam tiga bulan pertama tahun ini. Hasilnya, 23 persen dari seluruh mobil tipe ini terjual di California hingga 13,4 persen, Florida (9,6 persen), Texas (7 persen), New York (4,3 persen), dan Illinois (3,9 persen).

Lantas, model apa saja yang terlaris di segmen ini?

Menurut data penjualan, model terlaris jenis mobil atap terbuka adalah Ford Mustang, Chrysler Sebring, Mazda Miata (MX-5), BMW Seri-3, dan Chevrolet Corvette.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com