Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini "Obat Anti-stres" Selama Mudik!

Kompas.com - 24/07/2014, 13:11 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Lebaran tinggal menghitung hari. Mulai minggu ini sudah banyak anggota masyarakat yang melakukan perjalanan mudik untuk ber-Lebaran di kampung halaman masing-masing. Namun, dari tahun ke tahun, tradisi mudik telah banyak memicu terjadinya kecelakaan. Khususnya bagi pemudik yang menggunakan moda transportasi darat, seperti mobil dan motor.

Jauhnya jarak tempuh perjalanan merupakan salah satu faktor penyebab kecelakaan. Kelelahan, kantuk, dan stres karena macet membuat pengendara kehilangan konsentrasi selama mengemudi. Agar konsentrasi tidak buyar, berikut beberapa kiat dari Garda Oto:

1. Tidur yang cukup dan berkualitas. Sebelum mudik, pengemudi setidaknya butuh tujuh jam tidur. Kantuk membuat konsentrasi hilang dalam sekejap.

2. Jangan menyetir lebih dari dua jam. Berkonsentrasi terlalu lama pada kondisi monoton membuat saraf lelah. Sebaiknya berhenti dan beristirahat di tempat aman setiap dua atau tiga jam sekali.

3. Kurangi karbohidrat. Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat menyebabkan rasa kantuk. Gantilah makanan yang mengandung karbohidrat dengan buah-buahan karena vitamin yang terkandung di dalamnya bisa menyegarkan badan.

4. Minum kopi dan tidur. Menurut suatu penelitian di Inggris, kombinasi dari meminum kopi kemudian tidur selama 15 menit dapat memperbaiki kemampuan dan kewaspadaan, serta mengurangi kantuk. Metode ini dipercaya ampuh karena tidur selama 15 menit membantu menjernihkan otak dari kandungan adenosine. Sementara itu, kafein membutuhkan sekitar 20 menit untuk bisa memengaruhi secara psikologis. Dampaknya seperti sebuah tamparan untuk membangunkan orang dari tidur.

5. Olahraga ringan. Bila dalam perjalanan sudah mulai merasakan kelelahan dan kantuk, berhentilah di tempat aman dan lakukan sedikit peregangan tubuh. Hal ini berfungsi melancarkan peredaran darah setelah berjam-jam duduk di dalam mobil.

6. Menyetir bergantian. Bila memungkinkan, bergantianlah mengemudi dengan orang lain setiap 2 atau 3 jam sekali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com