Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benda Ini Wajib Ada di Mobil Saat Mudik

Kompas.com - 21/07/2014, 15:00 WIB
Azwar Ferdian

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Perjalanan mudik ke kampung halaman saat Hari Raya Idul Fitri, identik dengan perjalanan panjang dan semua kondisi bisa saja terjadi saat perjalanan. Guna mengantisipasi kondisi darurat, ada banyak barang-barang penting yang wajib dibawa saat mudik.

Dadi Hendriadi, GM Technical Service Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, ada beberapa tools penting kendaraan yang tidak boleh tertinggal, karena akan sangat dibutuhkan bila berada dalam situasi darurat.

"Banyak perkakas kendaraan yang wajib di bawa. Contohnya dongkrak, kunci roda, kunci pas atau alat lainnya yang bisa membantu pengendara untuk mengganti ban yang kempes misalnya," jelas Dadi saat berbincang dengan KompasOtomotif, beberapa waktu lalu.

Berikut daftar barang yang wajib ada dalam kendaraan
1. Kunci-kunci penting seperti pas 10,12,14, 17, obeng (min dan plus) dan juga tang.

2. Alat pengganti ban. Wajib diperhatikan pula kondisi ban cadangan, dongkrak, engkol dan kunci roda. Akan sangat membantu bila membawa alat isi angin, yang kini modelnya sudah banyak dijual di pasaran.

3. Segitiga pengaman, pemadam api kecil, lem cair dan juga isolasi, kerap dibutuhkan pada saat-saat tak terduga. Sediakan juga senter sebagai alat bantu penglihatan di saat gelap.

4. Kabel jumper juga penting untuk dibawa, dan berguna ketika mobil tiba-tiba tidak bisa distarter karena aki tekor. Apalagi jika yang digunakan mobil bertransmisi matik. Sediakan juga tali untuk menarik mobil saat mendadak mogok.

5. Bawa pembersih kaca. Ini berguna menghilangkan minyak, serangga atau bahan kimia lain yang sulit dihapus oleh wiper, agar mengoptimalkan pandangan pengemudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com