Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hati-hati, Kecelakaan Sering Terjadi Saat Arus Balik

Kompas.com - 21/07/2014, 13:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Data yang dilansir Korlantas Polri menyebutkan, pada 2013, 44,13 persen kecelakaan terjadi pada arus balik. Periode ini merupakan perjalanan dari kampung halaman menuju kota tempat tinggal. Sumbangan kecelakaan selama arus balik pada 2013 tercatat rata-rata sekitar 90 kasus per hari, sedangkan periode arus mudik 87 kasus per hari.

Muncul pertanyaan, apakah ada aspek tergesa-gesa? Dalam diskusi Mudik Selamat, Meredam Petaka Jalan Raya yang digelar Independent Bikers Club (IBC) di Jakarta, Sabtu (19/7), Ketua Road Safety Association Edo Rusyanto mengurai dan menganalisa penyebabnya.

Dikatakan, ada tiga kemungkinan arus balik menjadi ”mesin pembunuh” di jalan raya. Berikut poin-poinnya:

1. Tergesa-gesa.
Saat kembali ke kota asal, ada tren memilih waktu yang mepet dengan hari masuk kerja. Misalnya, masuk kerja Senin, maka kembali ke kota asal pada Minggu. Praktis, kondisi waktu yang mepet bisa mendorong berkendara yang tergesa-gesa.

2. Kurang disiplin.
Lantaran tergesa-gesa, seseorang cenderung melakukan pelanggaran aturan lalu lintas jalan. Terlebih bila jumlah petugas yang mengatur lalu lintas juga berkurang. ”Nah, kalau sudah begini, sudah selangkah lagi untuk terjebak dalam petaka di jalan raya. Tak aneh jika kemudian ternyata kasus kecelakaan yang dipicu oleh mendahului kendaraan dengan sembrono jumlahnya melonjak, yakni dari 33 menjadi 46 kasus per hari,” jelas Edo.

3. Kurang istirahat.
Saat arus mudik biasanya kita banyak menjumpai pos-pos peristirahatan yang dibangun oleh berbagai pemangku kepentingan keselamatan jalan. Atau, posko-posko yang dibuat oleh korporasi swasta maupun BUMN. Namun, saat arus balik, pos-posnya barangkali sudah tidak seefektif pada arus mudik, sehingga tidak bisa dimanfaatkan oleh pemudik untuk beristirahat.

Atau kata Edo, bisa jadi ada alasan spesifik lain. Kalau merujuk data Korlantas Polri, saat arus mudik dan balik Lebaran 2013, selain mendahului kendaraan, kasus yang melonjak adalah tidak menjaga jarak, yakni dari empat kasus per hari menjadi 14 kasus per hari.

”Karena itu, siapkan diri dengan baik, termasuk manajemen perjalanan yang tepat untuk mengatur waktu istirahat dan waktu berkendara,” pesan Edo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com