Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Masalah pada Tangki BBM dan Pelindung Air di Chevrolet Spin

Kompas.com - 15/07/2014, 15:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ada dua masalah terindikasi yang menimpa puluhan ribu Chevrolet Spin di Indonesia, yakni katup ventilasi tangki bahan bakar dan pelindung air di area mesin. Pengumuman perbaikan massal sudah dilakukan awal Juli 2014 oleh General Motors Indonesia (GM Indonesia). Namun masih banyak yang belum tahu penjelasan detailnya.

Costumer Care Director GM Indonesia Dadan Ramadhani menjawab lebih detail terkait dua masalah tersebut. Untuk saluran "pernapasan" yang terletak di bagian atas tangki bahan bakar, dikatakan sebenarnya tidak ada masalah jika diisi penuh. Namun jika diisi penuh sampai batas (sampai mobil digoyang-goyang), potensi merembes dari saluran pernapasan akan timbul.

”Ada konsumen yang terbiasa mengisi penuh sampai digoyang-goyang. Kemungkinan bahan bakar akan merembes keluar. Karena dikhawatirkan berpotensi mempengaruhi keamanan, arahan dari global akan mengganti tangki bahan bakar secara keseluruhan. Bukan hanya katup ventilasinya,” papar Dadan.

Saluran air
Kemudian, terkait masalah lapisan pelindung saluran air, dijelaskan posisinya ada di bawah bagian depan mobil. Jadi kalau kaca depan terkena hujan, seharusnya air akan turun dan dilarikan ke kiri-kanan.

”Normalnya air harus turun. Cuma kami menemukan lapisan itu kurang rapat dan dikhawatirkan masuk ke area mesin. Gawatnya, air bisa menggangu komponen elektrikal yang ada di aera mesin. Bisa motor starter, relay, fusebox, ECU dan lainnya. Jadi bukan kotak fusebox yang bermasalah, tetapi hanya lapisan pelindung saluran air,” jelas Dadan.

Permasalahan ini terindikasi pada varian Chevrolet Spin bensin maupun diesel, meski mayoritas diderita varian bensin. GM Indonesia melakukan perbaikan secara bertahap, targetnya sampai akhir tahun 2014 ini dengan penggantian komponen secara gratis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com