Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Williams Resmikan Rumah Modifikasi di Inggris

Kompas.com - 15/07/2014, 12:46 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber autocar
Grove, KompasOtomotif - Tim balap sekaligus konstruktor F1, Williams, meresmikan rumah modifikasi di Grove, Oxfordshire, Inggris (11/7/2014). Tak tanggung-tanggung peresmian layanan rancang bangun bagi khalayak umum ini dilakukan oleh David Cameron, Perdana Menteri Inggris.

Fasilitas baru ini bernilai 8 juta pound (Rp 159,6 miliar) disiapkan untuk menularkan "virus" F1 ke mobil-mobil jalan umum. Frank Williams menyatakan, "sangat bangga", dengan fasilitas ini maka kemampuan yang dimiliki 600 karyawan di bawah naungannya bisa diperluas bukan cuma di dunia balap.

Williams mulai mengerjakan teknik pada proyek mobil reli Metro 6R4 dan beberapa program lain, seperti memperbaiki tenaga pada mobil balap Audi dan Porsche di ajang Le Mans. Tahun lalu, mobil sport Jaguar C-X75 hibrida juga mengandung teknologi dari Williams dan semula mau dijadikan pusat produksi 200 unit mobil itu.

Terpusat
Dengan adanya fasilitas ini, berbagai jenis teknologi otomotif dan proyek lain diboyong, sehingga terpusat di satu tempat. Fasilitas ini dikepalai oleh Direktur Pelaksana Craig Wilson, mantan punggawa Troy Williams Racing.

Saat ini, Williams juga tengah menggarap Nismo GTR untuk kejuaraan seri balap baru di Nürburgring. Juga sudah resmi ditunjuk sebagai pengembang dan pemasok baterai resmi untuk kejuaran Formula E, balapan mobil listrik satu penumpang (single seater), mulai September 2014.

"Tetap berusaha menjadi yang teratas. Ini bagaimana membuat negara ini jadi sukses," kata Cameron dalam pidatonya.

Craig Wilson menambahkan, sudah menyiapkan 150 insinyur terbaik untuk bekerja di pusat modifikasi ini dan berharap bisa mempercepat proyek-proyek yang tengah dikerjakan. "Kami tidak bisa berbicara banyak soal pelanggan dan proyeknya masing-masing. Tapi, yang membuat kami spesial adalah budaya kecepatan dan percaya diri yang kami boyong dari semangat F1. Ini menjadi lebih masuk akal sekarang," beber Wilson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com