Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Langka Sultan Brunei Darussalam Dijual

Kompas.com - 10/07/2014, 23:30 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Sumber gtspirit

London, KompasOtomotif - Sultan Brunei Darussalam, Hassanal Bolkiah, memang dikenal doyan mengoleksi mobil-mobil antik. Salah satu mobil langka yang pernah dimilikinya, Alpina B12 5.7 kupe, masuk dalam daftar situs jual-beli, Classic Driver di Inggris.

Mobil ini merupakan satu dari tujuh unit yang diproduksi dengan kemudi di sebelah kanan. Selain itu mobil yang baru dikemudikan 10.461 km ini adalah salah satu dari –hanya- dua unit yang dilengkapi transmisi manual.

Semua unit terdaftar resmi, mobil nomor urut 10 khusus untuk Sultan. Spesifikasinya dipesan khusus dengan tambahan fitur-fitur, di antaranya, sunroof, bi selecticve climate control, pemanas jok, pelapis kulit bahan banteng, spion elektrik, dan suspensi yang bisa diatur. Untuk model produksi 1993, spesifikasi mobil Sultan tersebut tergolong canggih.

classicdriver Interior Alpina B12 5.7 kupe

Alpina B12 5.7 kupe diproduksi menggunakan basis BMW 850 Csi. Mesin V12, 5.7L bertenaga 421 PS dan 569 Nm dibungkus visual agresif layaknya mobil sport. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh di bawah lima detik, sementara kecepatan maksimal 290 kpj.

Dealer Alpina di Inggris, membelinya langsung dari Sultan pada 2001. Kemudian berpindah tangan ke Sir Anthony Bamford dengan catatan odometer hanya mencapai 1.600 km. Mobil ini tetap menjadi koleksinya sampai akhirnya dibeli Classic Driver pada 2009. Baru pada 2014, mobil ini diputuskan untuk dijual. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gtspirit
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com