Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mercy GL 400 & ML 400 Tak "Akali" PPnBM

Kompas.com - 03/07/2014, 20:10 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Peluncuran dua model SUV, GL 400 dan ML 400, bukan bagian strategi Mercedes-Benz Indonesia (MBI) untuk menghindari dampak kenaikan pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM).

Febri Ardani Mercedes-Benz ML 400
"Sebenarnya bukan untuk menyiasati PPnBM, kedua produk ini sudah kami siapkan sejak lama. Namun memang kedatangannya bertepatan setelah kenaikan PPnBM di bulan April," ujar Donald Rachmat, Deputy Director Sales Operation Passanger Cars MBI, saat peluncuran, Kamis (3/7/2014).

GL 400 dan ML 400 dilengkapi mesin bensin V6, 2.996 cc, bertenaga 333 PS dan torsi 480 Nm. Spesifikasi itu "lolos" dari ketentuan baru PPnBM pada mesin bensin di atas 3.000 cc.

Menggiurkan
Di mata MBI, pasar SUV premium di Indonesia sangat menggiurkan. Pertumbuhannya ikut berkembang sseiring tren otomotif global. Kondisi infrastruktur dan lalu-lintas cocok buat perkembangan SUV premium.

"Namanya SUV tentu lebih sporty, performa juga lebih baik, karena ground clearance tinggi, utilitas pun ikut meningkat lebih. Kalau kita lihat jalan banyak bergelombang dan bolong, kalau mau keluar kita jadi banyak halangan. Dengan SUV semua jadi lebih fleksibel," tambah Donald lagi.

Sebelumnya MBI telah meluncurkan ML350, ML250 CDI, dan GL 350 CDI pada 2013. Di awal 2014, GL500 melengkapi line-up, kemudian disusul GL 400 dan ML 400 yang baru saja diluncurkan.

"Pasar SUV di Indonesia potensial, kami menyadari potensi itu. Keduanya produk yang kami luncurkan mengedepankan keamanan, kenyamanan, dan konsep ruang kabin yang lebih besar," tambah Donald.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com