Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Mengemudi Aman dan Nyaman Saat Puasa

Kompas.com - 30/06/2014, 23:50 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Memasuki bulan puasa, efisiensi pemakaian energi tubuh mesti optimal, pasalnya aktivitas harian tetap harus terus berjalan, meski menjalankan ibadah hampir sepanjang hari. Berkendara dengan mobil termasuk kegiatan yang menghabiskan energi, salah satu cara mengantisipasinya dengan memakai kombinasi Safety Driving dan Eco Driving.

Metode ini tidak hanya digunakan untuk menjaga konsumsi bahan bakar, tetapi juga melatih diri agar lebih santun berkendara. Selain itu mengemudi santai, nyaman dan aman, menghemat kerja badan.

Menurut buku panduan Daihatsu, Eco Driving adalah cara mengemudi efektif yang didukung dengan teknologi kendaraan, agar tercapai berkendara dengan pemakaian bahan bakar efisien dan ramah lingkungan. Sedangkan Safety Driving berarti memaksimalkan berkendara aman dan meminimalkan potensi bahaya, buat pengendara ataupun orang lain.

Berikut penjelasannya.
1. Tidak perlu terlalu lama memanaskan mesin, cukup 1-2 menit saja. Kalau bahan bakar bisa lebih irit tentu jarang berlama-lama antre di SPBU.

2. Selalu gunakan sabuk pengaman. Pastikan karpet tidak mengganggu kerja pedal. Tentukan posisi tubuh paling nyaman saat berendara.

3. Lakukan perpindahan gigi pada putaran mesin di antara 2.000 – 3.000 rpm. Gigi 1-2 pada 15 kpj, 2-3 pada 35 kpj, 3-4 pada 50 kpj, 4-5 pada 70 kpj.

4. Hindari meletakkan kaki di pedal kopling atau rem, kebiasaan ini bisa mengakibatkan keausan komponen lebih cepat.

5. Mengemudi dengan santai tapi tetap waspada, hindari akselerasi dan pengereman dengan agresif. Mengemudi "elegan" lebih cocok digunakan saat puasa.

6. Maksimalkan semua fitur kendaraan yang ada dengan cerdas dan cermat.

7. Sesuaikan AC dengan kondisi cuaca, gunakan seperlunya. Jangan mengarahkan ventilasi AC ke kaca, embun yang dihasilkan bisa menghalangi pandangan.

8. Jaga jarak dengan kendaraan lain di sekitar. Untuk kecepatan 25 kpj jarak aman sekitar 3 meter, 50 kpj jarak 12 meter, 100 kpj jarak 50 meter, dan 150 kpj jarak 110 meter. Selain untuk keamanan, jarak tersebut ideal untuk pengereman halus dan penghematan.

9. Berkendara di jalur yang benar, jangan menggunakan bahu jalan. Jangan mudah terpancing emosi, percayalah dengan mengikuti seluruh peraturan lalu-lintas mencerminkan pribadi yang dewasa.

10. Beberapa model mobil sudah dilengkapi dengan fitur indikator ECO. Umumnya, bila pengemudi menjalankan ECO Driving, maka indikator berwarna hijau akan menyala, begitu juga sebaliknya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com