Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda Mobilio RS Masih Didominasi Produk Lokal

Kompas.com - 21/06/2014, 15:04 WIB
Jakarta, KompasOtomotif - Mobilio merupakan MPV 7 penumpang yang diciptakan khusus Honda untuk konsumen di Indonesia. Maka tak heran jika debut pertama digelar di Tanah Air, begitu pula dengan proses produksi dan pemasaran. Dominasi produk lokal yang terdapat pada Mobilio pun mencapai 86 persen.

Meneruskan tradisi positif tersebut, Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan varian terbaru sekaligus tertinggi, yakni Mobilio RS. Penambahan komponen dan aksesori yang dipasang masih didominasi oleh produk lokal. Namun untuk desain tetap dibuat dan melalui riset dari prinsipal di Jepang.

"Desain Mobilio RS dikeluarkan oleh prinsipal dan telah memalui riset serta survei konsumen. Untuk komponen dan aksesori, ada beberapa yang kita buat (Honda), dan juga displai oleh vendor. Secara total komponen dari vendor masih mendominasi. Persentase atau jumlahnya saya kurang ingat," jelas Atsushi Arisaka, LPL of Honda & Chief Engineer, Honda R&D Asia Pacific Co Ltd, dalam wawancara khusus, di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Secara kualitas, apa yang diproduksi vendor di Indonesia menurut Arisaka sudah memenuhi syarat. Tak kalah penting, lanjut Arisaka, dengan makin banyaknya produk lokal yang digunakan, tentu akan memengaruhi harga jual produk menjadi lebih terjangkau. "Itu (harga terjangkau) adalah keinginan konsumen," tegas Arisaka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com