Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5.000 Avanza Diekspor ke Timur Tengah

Kompas.com - 17/06/2014, 08:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif — Astra Daihatsu Motor (ADM) memperluas pasar ekspor model mobil penumpang terlaris di Indonesia, Avanza, ke negara baru di kawasan Timur Tengah. Bersama Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), ada 5.000 unit yang akan dikirimkan secara utuh (CBU) dari Vehicle Logistic Center (VLC) Daihatsu di kawasan Sunter, Jakarta, Senin (16/6/2014).

Di Indonesia, produksi Avanza dan Xenia menyentuh penggunaan komponen lokal hingga 85 persen. Tambahan unit ekspor menandai kepercayaan pasar internasional atas kualitas global perakitan ADM, di Sunter dan Karawang, yang khusus memproduksi mobil kompak buat Grup Toyota.

“Perluasan pasar ekspor Avanza ke Timur Tengah ini semakin mengukuhkan pengakuan pasar internasional atas kualitas global produk ADM, sekaligus keberhasilan koordinasi Grup Toyota,” ujar Sudirman MR, Presiden Direktur ADM, dalam keterangan resminya.

Sejak kali pertama hadir dari jalur produksi pada akhir 2003 hingga Mei 2014, ADM telah mencetak 1.394.954 Avanza. Sebanyak 1.183.867 unit dikhususkan untuk pasar dalam negeri, sementara jatah ekspor yang telah terpenuhi mencapai 211.087 unit bagi negara-negara di Asia, Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

Buat Toyota Indonesia, selain Avanza, masih ada model lain yang juga menjadi barang ekspor, yakni Fortuner, Kijang Innova, Yaris, dan Rush, serta Town Ace yang diproduksi ADM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com