Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Detail Desain Yamaha R25

Kompas.com - 21/05/2014, 08:20 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Parapat, KompasOtomotif – Desain Yamaha R25 mengusung tiga pilar utama model R series, yaitu art, engineering, dan people spirit. Radityo Andi Dharma, Marketing Plan & Strategy Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjelaskan, R25 ditujukan untuk memuaskan ego pengendaranya.

“Ada 6 elemen yang menjadi ciri khas desain R25. Rekayasa penampilan sengaja dibuat untuk merepresentasikan kekuatan “tersembunyi” yang ada di dalam diri R25,” terang Radityo, saat peluncuran di Danau Toba, Sumatera Utara, Selasa (20/5/2014).  

Febri Ardani Yamaha R25

Lampu ganda
Tampang R25 terkesan sulit diidentifikasi (elusif) dari sorotan kedua lampu ganda. Bagian mika lampu tersembunyi, menimbulkan kesan lain bila dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Dari atas, mata sedikit ngumpet, terasa misterius. Namun bila dilihat dari depan, tampangnya serius menebar ancaman.

“Yamaha menerapkan bahasa desain lampu depan yang baru khusus buat R25,” imbuh Radityo.  

Desain bobot condong ke depan
Dari bentuk bodi, titik pusat gravitasi berada di bagian depan bawah. Siluet bodi seperti anak panah, lebih berotot mengarah ke depan. Selain sebagai faktor pendukung aerodinamis, desain ini membantu ban depan lebih “lengket” dengan aspal sehingga lebih stabil dikendalikan.

Bokong melancip
Bagian tengah hingga buntut melancip dengan porsi yang berbeda dengan bagian depan. Menawarkan kesan ringan dan ramping, untuk kemudahan manuver. Metode ini bisa tercapai berkat penerapan lampu belakang jenis LED. “Dimensi LED lebih kompak, memudahkan rancangan bodi lebih ramping di bagian belakang,” ujarnya.

Bodi atlet
Maksudnya, kombinasi faring depan, bagian belakang, dan kaki-kaki, mengesankan sosok kekar, kuat dan berotot, seperti atlet. Siapa saja yang melihatnya pasti bisa merasakan auranya sangat maskulin.

Aerodinamis
Penampilan memang sengaja dibuat sedemikian rupa, tidak hanya menarik secara visual tapi juga memberikan kontribusi signifikan buat performa. Konsep fairing berlapis berfungsi mengurangi hambatan udara, sekaligus membantu mendinginkan mesin.

Air duct
Di antara kedua lampu terdapat air duct, diadopsi langsung dari tunggangan Valentino Rossi di MotoGP, M1. Fitur ini juga membantu aliran udara masuk mendinginkan mesin.

Febri Ardani Terdapat fitur indikator untuk mengukur konsumsi bahan bakar.

Meter cluster
Selain menjelaskan 6 poin karakter desain R25, Radityo juga memaparkan fitur unggulan di bagian dasbor. Alat pengukur R25 merupakan kombinasi perangkat digital dan analog yang terinspirasi dari superbike. “Sebenarnya ada 10 fitur indikator yang membuatnya berbeda dibanding kompetitor, tapi saya ingin menekankan tiga fitur utama,” ucap Radityo.

Pertama, fitur pengukur konsumsi bahan bakar secara tepat waktu (real time). Kedua, ada dua indikator yang berfungsi untuk memberikan informasi kapan jadwal penggantian pelumas. Ketiga, shift timing lamp. Pada kondisi rpm tertentu, sinyal lampu akan mengingatkan untuk penggantian transmisi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com