Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Terlambat “Panas” Pada 2014

Kompas.com - 23/04/2014, 19:09 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kia Mobil Indonesia (KMI) mengakui pemasaran 2014 terlambat “panas”. Pasalnya aktivitas penyegaran model baru dimulai April, dengan meluncurkan New Sportage di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Hartanto Sukmono, Direktur Marketing KMI, memaparkan, prediksi penjualan di semester pertama (Januari – Juni) bakal turun dibandingkan tahun lalu. Pada Januari hingga Maret 2014, pihaknya baru memasarkan 150-an unit. Padahal di periode yang sama 2013 penjualan  mencapai 220 unit.

“Mengenai volume, New Sportage memang terlambat diluncurkan, seharusnya bisa pada Februari lalu tetapi karena berbagai hal, baru diluncurkan pada April. Akibatnya penjualan di semester pertama agak rendah karena memang suplai terlambat,” ujar Hartanto.

Harga
Masalah lain, penentuan produk yang akan diluncurkan. Hartanto mengingatkan lagi, semua unit diimpor utuh (CBU) dari Korea Selatan, dan pembayaran menggunakan kurs dollar AS. Jadi harga jual sangat dipengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah. Meski demikian pihaknya tetap berusaha menjaga agar tetap kompetitif.

New Sportage kini dibanderol lebih mahal dari edisi sebelumnya. Varian terendah yang sebelumnya di bawah Rp 300 juta sekarang dijual Rp 305 juta. Kenaikan paling tinggi di tipe Platinum, melonjak 60 juta menjadi Rp 418 juta.

“Sebetulnya yang diinginkan perusahaan adalah kestabilan, perubahan naik-turun kurs buat pengusaha itu bingung menetapkan harga. Akibatnya konsumen juga jadi bingung,” tutup Hartanto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com