Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Siapkan Camry Terbaru pada 2015

Kompas.com - 17/04/2014, 09:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New York, KompasOtomotif – Toyota memperkenalkan edisi terbaru sedan favorit Amerika Serikat, Camry, di New York Motor Show 2014. Langkah tersebut diambil sebagai jawaban menghadapi tantangan untuk menjaga gelar sebagai mobil terlaris di Amerikat Serikat setelah 12 tahun.

Penyegaran terakhir dilakukan pada 2011, kini sedan premium itu banyak mendapatkan pembaruan di berbagai sektor sebagai siklus lima tahunan. Pemasarannya segera dimulai tahun depan.

“Kami ingin membuat model terbaik Camry yang pernah kami buat,” ucap Bill Fay, Toyota Division General Manager, saat memperkenalkan Camry 2015, seperti dilansir Automotive News, Rabu (16/4/2014). 

Pengembangan
Dijelaskan, perubahan terletak pada penampilan. Perwajahan mengikuti bahasa desain seperti Corolla, Vios, dan Yaris terbaru. Semua material panel bodi diganti kecuali bagian atap. Dimensi sedikit lebih panjang dari pendahulunya, dan sedikit lebih lebar untuk mengejar stabilitas berkendara. Kendali semakin mantap sebab electric power steering telah dikembangkan lebih presisi.

Bagian pintu-pintu diperkuat demi menunjang handling. Toyota mengklaim menggunakan 2.000 komponen baru buat Camry 2015. Sebagian besar komponen diambil dari mobil premium Lexus ES 350.

Dalam kabin, material baru pada dasbor mengubah penampilan konsol tengah. Panel instrumen kini memiliki layar informasi empat inci. Bagian kaca dan trim diperbarui untuk membantu ruang penumpang semakin kedap bising. 

Rekor
Pemasaran generasi ketujuh Camry meraup 31 persen penjualan mobil AS pada 2012. Untuk pertama kalinya penjualan dilakukan setahun penuh setelah Jepang dilanda bencana alam pada 2011.

Tahun lalu, Camry hanya berkembang 1 persen dari 2012 menjadi 408.484 unit, bersaing ketat dengan Honda Accord, Nissan Altima, dan Ford Fusion. Pada 2014, Camry sempat tertinggal dari Altima selama dua bulan pertama, sebelum akhirnya kembali memimpin pada Maret lalu.

Pasar sedan hanya berkembang 1 persen tahun lalu, secara keseluruhan penjualan mobil di AS hanya bertumbuh 8 persen. Meski demikian, persaingan ketat terus terjadi, tentu Toyota tidak ingin kehilangan tahta. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com