Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yamaha Paling Jarang Rusak di AS

Kompas.com - 04/04/2014, 10:32 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Consumer Reports—lembaga survei produk di AS yang menggali informasi langsung dari konsumen—merilis data cukup mengejutkan, akhir Maret lalu. Dipublikasikan, sepeda motor Jepang jauh lebih reliable alias tahan banting, ketimbang merek-merek dari negara lain, seperti Jerman atau bahkan Amerika Serikat. Yamaha menduduki posisi tertinggi.

Tak hanya produsen berlogo garputala, berturut-turut di tiga besar ada Kawasaki dan Honda menempati pos ke-2 dan ke-3. Menyusul di lima besar, baru diikuti Harley-Davidson lalu BMW. Persentase kerusakan Yamaha paling rendah dibanding lainnya, yakni 11 persen. Diikuti Kawasaki 13 persen, Honda 14 persen, lalu Harley-Davidson 24 persen, dan BMW 30 persen.

Survei dilakukan dengan mewawancarai 4.424 pemilik sepeda motor, lalu dikelompokan lagi berdasar usia sepeda motor dan jarak yang sudah ditempuh. Sementara hasil lainnya, saat mengevaluasi tipe sepeda motor yang sering rusak, kebanyakan model touring. Lalu diikuti model dual-sports (adventure), sport tourers, dan cruiser.

Menariknya, prosentase pemilik Harley-Davidson dan BMW yang menyatakan tak ingin membeli sepeda motor merek lain justru lebih tinggi. Kerusakan yang sering terjadi tak membuat konsumen lantas berpikiran negatif terhadap merek.

Dari data, 75 persen konsumen Harley-Davidson dan 74 persen pemilik BMW masih ingin menjalin emosi dengan sepeda motor. Lalu diikuti konsumen Honda yang paling puas dengan angka 72 persen, Yamaha 63 persen, dan Kawasaki 60 persen. Survei ini sekaligus membuktikan keterkaitan antara kepuasan konsumen dengan citra merek sangat tinggi.

Untuk membuat sepeda motor tetap berperforma baik, Consumer Reports pun menyarankan para pemilik selalu merawat kendaraan dengan baik, dimulai dari hal-hal ringan. Misalnya mengecek tekanan angin, rem, dan sesekali mengecek mesin ke bengkel. Tak kalah penting, simpan di tempat yang terlindung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com