Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Fitur "Teriakan" Honda Vario FI

Kompas.com - 28/03/2014, 19:43 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Ada kelengkapan menarik yang dibekali PT Astra Honda Motor pada model terbaru Vario FI, namanya Answer Back System (ABS). Fungsinya untuk membantu biker yang suka lupa lokasi parkir sepeda motornya di mana.

Tinggal tekan tombol, maka Vario FI akan menjawab dengan "teriakan" nada dipadu nyala lampu sein. Jadi, jika sepeda motor parkir di lokasi yang gelap, bisa terlihat di mana lokasinya.

"Kemampuan jarak respon remote mencapai 30 meter," jelas Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor PT Astra Honda Motor (AHM), kepada KompasOtomotif di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (28/3/2014).

Dijelaskan, remote ABS menggunakan sinyal frekuensi radio. Setiap ABS bisa disetel level suaranya dalam empat tingkatan. Ada tiga pilihan nada yang bisa dipilih. Untuk memilih nada yang diinginkan, caranya pun cukup unik. Suara yang keluar sebagai identitas terdengar seperti suara alarm mobil, "beep beep". Sumbernya terintegrasi dengan penerima sinyal (receiver).

"Jadi mengaturnya dengan sinkronisasi putaran kunci kontak dengan tekanan pada tombol remote. Berapa jumlah putaran kunci kontak, itu yang harus dipelajari, cukup datang ke AHASS nanti diajari," beber Endro.

Tekor
Sistem pemancar dan penerima sinyal yang ada di setiap Vario FI selalu dalam kondisi standby sehingga butuh asupan energi listrik. Tapi, dijelaskan daya yang diperlukan untuk setiap tekanan remote hanya 3 Ampere untuk satu detik.

"Tegangan listrik akan kembali ke posisi normal dalam 30 detik, jadi aki tidak akan cepat haus. Selain itu, karena Vario FI sudah menggunakan lampu LED sehingga daya listrik yang dimanfaatkan jauh lebih kecil daripada lampu halogen biasa," lanjut Endro.

Lantas, apakah fitur ABS bisa diaplikasi ke sepeda motor Honda lainnya? "Pada dasarnya bisa, ada lima komponen utama yang harus dilengkapi untuk mengaplikasi ABS. "Harus membeli komponen remote, receiver, buzzer, dioda, dan kabel bodi. Tapi, untuk aplikasinya disarankan ke mekanik khusus yang benar-benar mengerti soal mekanisme elektronik," tutup Endro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com