Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Cetakan “Printer” 3D Siap Produksi Massal

Kompas.com - 19/03/2014, 13:39 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Phoenix, KompasOtomotif - Di gelaran International Manufacturing Technology Show (IMTS) September 2014, di Chicago, pabrikan kreatif asal Amerika, Local Motors (LM) bertekad menampilkan seluruh proses penciptaan mobil produksi yang dibuat dengan menggunakan mesin cetak 3 dimensi (3D). LM selalu berusaha menampilkan inovasi segar setiap tahun, pada 2012 model pertama dengan konsep kendaran segala medan, Rally FIghter, debut perdana di ajang yang sama. 

Konsep ini sebenarnya tidak lagi tergolong baru, namun masalahnya tetap sama, yakni menemukan printer yang bisa menghasilkan kreasi sebesar panel mobil. Meski tidak mudah, LM berjanji mobil yang dicetak bakal rampung dalam 5 hari. 

Diyakini, perkembangan teknis dan teknologi produksi bisa menghasilkan mobil yang lebih kuat, aman, dan efisien. Dalam acara tersebut akan diperlihatkan bagaimana seluruh proses berlangsung, berapa banyak komponen yang digunakan, sekaligus pembuktian apakah mobil yang dihasilkan layak digunakan berlalu lintas. Selain menggunakan tenaga listrik, LM belum ada penjelasan lain.

Unit pertama langsung menjadi milik asosiasi teknologi perakitan (AMT) AS yang menyatakan tertarik dengan desain dan proses produksi. “Inovasi yang mereka lakukan telah memberdayakan banyak inovator sejak 2007,” ucap salah satu sumber AMT.

Dijelaskan, metode yang digunakan berasal dari kombinasi ide banyak sumber. Kendaraan dibuat sebagai produk berkelanjutan, ramah lingkungan, dan memiliki banyak keuntungan. Seperti, memangkas biaya produksi, sekaligus menciptakan peluang kerja.

Penasaran? simak video ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com