Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Mesin Toyota di Karawang Paling Efisien Setelah Jepang

Kompas.com - 25/02/2014, 16:25 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Pabrik mesin Toyota di Karawang, Jawa Barat, akan menjadi salah satu paling modern dan efisien di dunia setelah Jepang. Hal tersebut dikemukakan oleh Warih Andang Tjahjono, Vice President Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

Alasannya, ”Karawang Engine Plant” menggunakan konsep trough line,  tiga proses kerja, yaitu casting (pengecoran), machining (pengerjaan dengan mesin) dan assembling (perakitan) berlangsung di dalam satu gedung.

”Konsep seperti ini hanya ada di Jepang. Jadi pabrik mesin TMMIN di Karawang, pertama di luar Jepang menggunakan konsep serupa. Jadi sudah  sangat modern dan berkelas dunia,” tegas Warih.

Ditambah, umumnya  proses produksi mesin dilakukan di tiga lokasi berbeda. Dengan konsep through line, semua proses berlangsung di bawah satu atap dan tentu saja sangat efisien dari aspek logistik. 

Ramah Lingkungan
Untuk menunjang sebagai pabrik ramah lingkungan, diterapkan prinsip CBC (Clean, Bright, Comfort). Dengan konsep ini, penggunaan lampu listrik dikurangi dan hanya memanfaatkan sinar matahari yang diserap oleh gedung.

Bangunan pabrik dirancang dengan aliran udara alamiah dan mampu  mengurangi penggunaan penyegar atau kipas udara di dalam pabrik. Konsep pabrik, selain untuk meningkatkan efisiensi juga menambah kenyamanan karyawan saat bekerja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com