Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naik Tipis, Hino Tetap Capai Rekor Baru

Kompas.com - 11/02/2014, 14:18 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, kompasOtomotif - PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) berhasil mencatatkan penjualan 34.391 unit, naik tipis dari perolehan tahun sebelumnya (2012), 34.162 unit. Meski hanya naik di bawah 1 persen, tetap saja hasil ini menjadi rekor baru penjualan. 
 
"Memang target kami sebelumnya 40.000 unit, tapi melihat pasar yang stagnan, hasil ini cukup baik bagi kami," jelas Santiko Wardoyo, Direktur Penjualan dan Promosi HMSI di sela Media Lauchion, Hotel Grand Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (11/2/2014).

Dijelaskan, kondisi pertambangan yang masih anjlok membuat penjualan truk di sektor ini menurun. Mengatasi ini, Hino mengalihkan startegi bisnis ke sektor lain seperti kargo pengiriman barang konsumsi (consumer goods) dan infrastruktur.

 
"Tahun lalu sudah terjadi pergeseran komposisi pasar, tadinya pertambangan menyumbang 50 persen susut jadi tinggal 30 persen. Tahun ini trennya masih tetap sama," jelas Santiko. Tahun ini, lanjutnya, akan ada pembangunan 32 jalan tol baru di seluruh Indonesia dengan luas 1.100 km dan ini jadi potensi pasar.
 
Pangsa
Jika diurai, Hino masih menguasai pangsa pasar sampai 59,6 persen di kategori 3 (medium) dengan penjualan 19.204 unit. "Sedangkan untuk kategori 2 (light truck) pangsa pasar kami sudah 13,4 persen dari total," papar Santiko.

Tahun ini, target penjualan mencapai 40.000 unit. Meskipun berat, namun perusahaan harus mendapat pencapaian lebih baik dari tahun lalu. "Pangsa pasar coba kami pertahankan, tapi penjualan semoga bisa lebih besar dari tahun lalu," tutup Santiko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com