Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Kejar 90 Persen Kandungan Lokal

Kompas.com - 27/01/2014, 17:56 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Toyota Indonesia terus berusaha meningkatkan tingkat kandungan lokal seiring bertambahnya kapasitas produksi. Selain ikut mendorong majunya industri pendukung. Diyakini cara ini bisa memperkecil ketergantungan produksi dari komponen impor.

Dijelaskan, saat ini PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sudah produksi Kijang Innova (MPV), Fortuner, Etios Valco, Vios, dan segera menyusul Yaris. Seluruh model ini sedikit banyak sudah memanfaatkan komponen pasokan perusahaan lokal dengan tingkat berbeda-beda.

I Made Dana Tangkas, Direktur Perencanaan Korporasi dan HUbungan Eksternal TMMIN mengatakan, pabrik Karawang II yang memproduksi Etiso Valco, Vios, dan Limo sudah menggunakan komponen lokal 55 -60 persen. Di pabrik Karawang I, produksi Innova sudah mengandung 80 persen lokal sementara Fortuner masih 55 persen.

"Kami mencoba mengejar ke arah 90 persen sekitar 2014 sampai 2015 ini," jelas Made di sela Media Gathering Toyota Indonesia, Senin (27/1/2014).

Tantangan
Warih Andang Tjahjono, Wakil Presiden Direktur TMMIN yang baru menjabat (per Januari 2014) menambahkan, salah satu tantangan dari sektor produksi adalah kesiapan perusahaan komponen pendukung. Pihaknya, dikatakan sudah siap dengan kapasitas 250.000 unit tahun ini, tapi tanpa ada sokongan dari perusahaan komponen, hal tersebut sulit tercapai.

"Bagaimana caranya bisa mengajak perusahaan pemasok komponen ikut lari bersama kami. Jangan-jangan, kita sudah siap, perusahaan pemasok masih jalan di tempat," tutup Warih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com