Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Pebalap "Kejar" Jawara MotoGP Asal Amerika Serikat

Kompas.com - 21/01/2014, 16:08 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

California, KompasOtomotif – Obsesi Doug Kamholz, mantan polisi yang bertugas di California Highway Patrol (CHP) adalah tetap menjadi biker, seperti masa-masa sebelum dia jadi penegak hukum. Itulah kenapa, setelah pensiun, jiwa petualang menggunakan sepeda motor pun kambuh. Yamaha YZF-R1 1998 miliknya pun dijadikan ”mainan”.

Motorcyclistonline tertarik dengan profil Doug saat memajang foto utama di Facebook sedang ”rebah” di tikungan ke-2 Sirkuit Laguna Seca. Kontak pun berlanjut, hingga akhirnya sang mantan polisi buka-bukaan tentang foto itu. Ternyata, kebiasan mengisi waktu senggang adalah mengasah skill di atas sepeda motor.

Pebalap
Usut punya usut, Doug adalah penyuka kecepatan. Sebelum menjadi polisi, dirinya kerap ikut balapan, karena saat itu tidak ada track day untuk publik. ”Akhirnya saya membeli sepeda motor untuk menyalurkan hobi. Saya modifikasi seperti sepeda motor CHP. Komandan tidak melarang, sekalian membuat baju balap dengan warna dan corak seperti seragam polisi, plus helm senada,” urainya.

Corak sepeda motor CHP begitu dikagumi. Ketika bertugas di sana, Doug mengaku sudah menunggangi Kawasaki KZ1000, BMW R1100, R1150, dan terakhir R1200. ”Saya riding puluhan tahun tanpa kecelakaan, dan itu membuat saya terus memberi berbagai pencerahan untuk biker, karena saya bagian dari mereka,” tegas mantan instruktur keselamatan berkendara itu.

Tanda Tangan
Doug adalah warga Amerika Serikat yang bangga terhadap negaranya. Karena sering turun di Laguna Seca, dirinya mengincar semua tanda tangan juara dunia MotoGP asal AS. Disiapkan ”lapak” khusus untuk tanda tangan mereka, yakni di bagian kanan sepeda motor.

Saat ini, Doug sudah mengumpulkan enam dari mereka, yakni Kenny Roberts Sr., Eddie Lawson, Wayne Rainey, Kenny Roberts Jr., Nicky Hayden, dan Kevin Schwantz. Satu yang belum kesampaian, tanda tangan Freddie Spencer. Ketika nanti mendapatkan yang terakhir ini, dirinya benar-benar akan pensiun ngebut dan memajang sepeda motornya di ruang tamu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com