Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Juta Pengemudi di Inggris Ternyata Berusia di Atas 65 Tahun!

Kompas.com - 19/01/2014, 17:49 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber visordown

London, KompasOtomotif – Lebih dari tujuh juta pengemudi di Inggris berusia di atas 65 tahun, yang artinya 19 persen dari pemegang SIM di sana sudah memasuki usia pensiun. Juga terungkap, lebih dari empat juta berusia di atas 70-an tahun, lalu sejutanya berusia 80-an tahun. Yang menarik, tercatat hampir 200 orang di antara mereka berumur lebih dari 100 tahun!

Data ini muncul setelah Institute of Advanced Motorists (IAM) meneliti usia pemilik SIM di Inggris, didapat dari Driver and Vehicle Licensing Agency (DVLA). Tak hanya usia yang diungkap, perolehan poin para ”pengemudi tua” juga cukup baik. Dari pengemudi berusia 65-80 tahun, 5 persen mendapat poin bagus. Lalu pengemudi di atas 80 tahun, 3 persen juga mendapat poin baik.

Fakta ini bakal menyinggung para pengemudi 40-an tahun yang hanya 10 persen dari mereka mendapat poin baik. IAM lalu membuat pernyataan, bahwa pengemudi yang sudah tua justru lebih jarang mengalami kecelakaan di jalan.

”Rata-rata pengemudi berusia tua punya reaksi lamban. Makanya, mereka menggunakan pengalaman di jalan untuk mengompensasi kecepatan pada setiap kesempatan. Ini membuat banyak pengguna jalan lain yang paham dan mendapat banyak ruang,” ujar IAM dalam rilisnya seperti dikutip Visordown.

Chief Executive IAM, Simon Best, mengatakan, jumlah pengemudi tua di Inggris akan cenderung meningkat. ”Dalam 20 tahun, satu dari 10 orang akan memasuki usia 80 tahun. Kebijakan untuk mereka diperlukan, untuk menjaga pengemudi independen yang mengemudi dengan aman selama mungkin,” tukasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com