Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Asal Lewat Genangan Air!

Kompas.com - 13/01/2014, 14:43 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Boleh jadi mobil Anda sudah menggunakan polis asuransi comprehensif dengan tambahan klausul banjir. Tapi, kalau melihat ada genangan air di depan, jangan coba-coba langsung menlintasinya, karena salah-salah kerugian yang Anda rasakan justru tidak akan ditanggung perusahaan asuransi. Itu nekat!

L Iwan Pranoto, Marcomm & PR Head PT Asuransi Astra Buana (Garda Oto) mengatakan, hal tersebut diatur sesuai dalam Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI) yang ditetapkan Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI). Dalam pasal 3 ayat 4 disebutkan kalau Anda sengaja memasuki atau melewati jalan tertutup, terlarang, tidak diperuntukkan bagi Kendaraan Bermotor atau melanggar rambu-rambul lalu-lintas.

"Artinya, kalau melihat jalan ditutup karena genangan air, lalu tetap menerobos dan mobil Anda mati, tidak akan ditanggung perusahaan asuransi," jelas Iwan kepada KompasOtomotif, Senin (12/1/2013).

Tiba-tiba
Beda halnya, jika ketika Anda lagi mengemudi di jalan tiba-tiba banjir datang. Posisinya tidak memungkinkan untuk dihindari. "Kalau itu, perusahaan asuransi mau menanggung karena bukan kesalahan Anda. Perhatikan faktor penyebabnya, itu yang menjadi titik berat perusahaan asuransi," beber Iwan.

Contoh lain, misalnya ada papan reklame di jalan yang jatuh menimpa mobil Anda. Perusahaan asuransi akan melihat penyebab awalnya. Jika, papan reklame itu keropos kemudian menimpa dengan polis asuransi comprehensif saja pasti akan ditanggung. "Tapi, kalau papan reklame itu jatuh karena hujan badai maka kerusakkan mobil tidak akan ditanggung. Kecuali, asuransi Anda ada kesepakatan ada perluasan jaminan klausul banjir," tutup Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com