Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

11,8 Juta Unit Mobil Otonomos Bakal Terjual di 2035

Kompas.com - 05/01/2014, 13:30 WIB
Agung Kurniawan

Penulis

Sumber Reuters
Detroit, KompasOtomotif - Konsultan industri otomotif, IHS Automotive, memprediksi teknologi mobil otonomos perlahan semakin besar di dunia. Ke depan, minimal 9 persen terhadap total penjualan mobil di dunia akan diisi oleh mobil yang punya teknologi mengemudi sendiri itu.

Egil Juliussen, analis IHS Automotive mengatakan, sudah dilakukan penelitian mendalam soal masa depan teknologi yang lagi marak dikembangkan, otonomos. Sampai saat ini, memang belum ada kejelasan mulai kapan jenis kendaraan ini mulai dijual, tetapi IHS Automotive memprediksi mulai ditawarkan beberapa merek mulai 2025.

Pada tahun pertama pemasaran, mobil berteknologi otonomos akan terjual sekitar 230.000 unit, di bawah 1 persen terhadap total penjualan global yang diprediksi 115 juta unit. Tapi, satu dekade setelah pemasaran perdana, jumlah ini akan melesat signifikan menjadi 11,8 juta unit atau 9 persen terhadap prediksi penjualan global 129 juta unit.

Juliussen menambahkan, pasar utama untuk mobil otonomos merupakan negara maju, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, dan Jepang. Pertumbuhan penjualan teknologi ini akan jauh lebih pesat ketimbang mobil listrik murni yang masih harus berkutat dengan ongkos produksi baterai yang mahal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com