Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Sekali-kali Meremehkan VW Kombi Ini

Kompas.com - 04/06/2013, 18:26 WIB

Swiss, KompasOtomotif - Fantasi soal taksi ngebut bisa disimak di sekual film Perancis, Taxi, yang juga punya versi garapan Hollywood. Nah, di Swiss, ada pula taksi kencang yang sosoknya cukup bikin gemas lantaran berwujud VW Kombi. Bedanya, ini mobil asli dan benar-benar bisa ngacir.

VW berjulukan "Race-Taxi" garapan Fred Bernhard ini punya tulisan "Porsche" di buritannya. Munculnya tulisan itu bukan tanpa sebab. Tak lain, karena kengototan Fred mencangkokkan mesin Porsche 993 Bi-Turbo (produksi 1995).

VW Transporter

Sayang, upayanya menemui kendala lantaran jantung pacu berkapasitas 3.600 cc yang tiga kali lebih besar dari aslinya, kegedean masuk ke perut VW Kombi T1 (Kombi dengan model kaca depan terpisah, dan punya banyak jendela). Akhirnya, dipilihlah sasis VW T3 pikap (Transporter produksi 1980-an) dan bisa terpasang.

PR lainnya, bagaimana menempelkan bodi VW Kombi tua ke Transporter? Pada akhirnya diputuskan untuk membelah Si Kombi jadi dua supaya pas. Fred lalu menambahkan lempengan sampai hasilnya menjadi VW "Roti Tawar" dengan tambahan lebar 21 cm tepat di bagian tengahnya.

Walau penggarapan makan waktu total empat tahun, Fred pun rapi jali bak penjahit andal dalam menambal sisa ruang yang terbelah. Hasilnya tetap proporsional, terutama di bagian kaca depan.

Supaya tetap terasa seperti taksi, ada empat kursi di dalamnya. Semuanya mengentalkan identitas balap karena keempatnya merupakan jok Recaro yang lengkap dengan sabuk keselamatan empat titik. Posisi jok baris depan agak menjorok ke belakang dengan instrumen kemudi yang sedikit merebah. Lalu melihat ke belakang, terdapat selang bongsor untuk udara masuk ke mesin dengan memanfaatkan kaca paling belakang sebagai lubang.

Desain pintu belakang bawaan khas Kombi T1 (edisi pintu kanan-kiri yang terbagi dua bilah) tetap dipertahankan, sementara velg dan ban menyesuaikan gaya Porsche dengan memasangkan produk BBS Magnesium 8,5/10 x 18 inci pesanan khusus yang mampu menahan beban 800 kg di tiap-tiapnya karena badan VW yang besar, plus ban "slick" Pirelli P Zero. Hasilnya? Sensasional! (Dimas Wahyu)
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com