Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Ganja Boleh Mengemudikan Mobil di Michigan

Kompas.com - 28/05/2013, 18:31 WIB

Lansing, KompasOtomotif – Aturan aneh baru saja dikeluarkan oleh pengadilan Michigan Supreme Court, Michigan, Amerika Serikat, kemarin (27/5) yang menyatakan bahwa pemakai ganja legal untuk medis, tidak melanggar hukum ketika mereka tertangkap berkendara setelah menggunakannya.

Keputusan itu sekaligus membatalkan kasus yang menimpa Rodney Koon, saat dia diberhentikan polisi pada 2012 karena tancap gas melewati batas kecepatan maksimal yang diperbolehkan. Koon ditengarai menghisap asap lintingan ganja legal untuk medis, dan hasil tes darahnya, positif.

Memakai marijuana ilegal di Michigan. Namun pengadilan tertinggi setempat membuat pengecualian untuk ganja legal buat medis, sejak ganja dilegalkan untuk obat-obatan sejak 2008. ”Ada perlindungan khusus untuk pasien dari tuntutan penggunaan marijuana,” kata hakim dikutip USAToday.

Masalahnya, untuk bisa mendakwa, polisi dan penegak hukum harus bisa menunjukkan bahwa pengemudi berkendara di bawah pengaruh ganja. Nah, kata-kata ”di bawah pengaruh” inilah yang rancu. Bagaimana membuktikannya?

Akhirnya muncul saran dari pengadilan kepada pembuat hukum - parlemen - untuk memberi batasan pengaruh ganja, seperti kandungan alkohol dalam darah. Dengan begitu, batasan menjadi lebih jelas, khususnya bagi pengguna ganja legal yang sedang mengemudi mobil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com