Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

100.000 Sepeda Motor ke Bengkel Resmi Honda Setiap Hari

Kompas.com - 17/05/2013, 08:23 WIB

Jakarta, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) terus berupaya meningkatkan layanan purna jualnya. Tahun ini, produsen sepeda motor terbesar di Indonesia itu menargetkan konsumen yang masuk ke bengkel resmi mencapai 36 juta unit atau rata-rata 100.000 unit per hari.

"Sepanjang tahun lalu rata-rata per bulan itu 2,8 juta unit. Tahun ini kami menargetkan 3 juta unit lebih per bulan," jelas  Wedijanto  GM Technical Service Division.

Target sepeda motor yang diservis ke bengkel resmi, setiap tahun terus dinaikkan mengikuti penjualan. "Bulan lalu kami cuma mencapai 2.9 juta unit. Untuk empat bulan 2013, (Januari-April) sudah mencapai 11,5 juta," lanjutnya.

Usia maskimal sepeda motor yang servis ke bengkel resmi mencapai 7 tahun. Porsi terbesar, sekitar 60 persen adalah sepeda motor yang masih berumur 1-3 tahun.

Bisnis sepeda motor di Indonesia, menurut Wedijanto, suatu saat akan mencapai menyentuh titik jenuh sehingga penjualan unit tidak lagi bertambah. Situasi ini akan mengubah fokus ATPM pada pengembangan model baru dan layanan purna jual.

"Mungkin 5 tahun lagi pasar jenuh. Servis akan jadi tulang punggung. Makanya, kalau tidak berbenah dari sekarang, bengkel-bengkel akan kehilangan kesempatan," tegasnya!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com