Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Maxi dari BMW

Kompas.com - 09/11/2011, 17:01 WIB

MUNICH, KOMPAS.com - BMW cukup agresif mengembangkan produknya, tak cuma di sektor mobil, tapi juga sepeda motor. Ini diperlihatkan dengan memperkenalkan C600 dan C650 GT. Kedua model skuter ini akan dipamerkan pada ajang EICMA di Milan, mulai besok (10/11).

Diciptakannya skuter ini, menurut produsen asal Bavarian ini dilatari oleh kian padatnya penduduk di kota-kota besar. Faktor lain, harga bahan bakar yang tidak pernah turun, sehingga jenis skuter jadi alternatif.

Kedua skuter maxi ini akan diproduksi di pabrik BMW Motorrad di Berlin dengan mengusung teknologi continuosly variable transmission (CVT) seperti yang pernah ditonjolkan pada konsep C Scooternya.

Untuk mesin, kedua skuter itu dibekali jantung pacu berkapasitas 647 cc Parallel Twin dengan tenaga maksimum 60PS pada 7.500 rpm. Guna mengurangi getaran saat putaran tinggi, para insinyur BMW memfasilitasi dengan dua poros penyeimbang.

Perhatikan desain knalpotnya. Terbuat dari bahan stainless steel agak sedikit gemuk agak menonjol dari sisi kanan. Sistem saluran buang ini mempunyai katalitik konverter dan sensor O2 bertujuan untuk memenuhi standar Euro4 di masa mendatang.

Beralih ke bagian kaki-kaki. Sistem pengereman, dua cakram di depan dengan piringan berdiameter 270 mm dan satu di belakang untuk menghentikan kedua roda dengan pelek 15 inci yang dibalut karet bundar 120/70 depan dan 160/60 belakang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com