Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Duet Maut" Avanza-Xenia Terus Berlanjut

Kompas.com - 07/11/2011, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah Avanza-Xenia berjalan bersama 7 tahun, Toyota dan Daihatsu Indonesia mempertegas kelanjutan kerja sama dalam memproduksi mobil sejuta umat di bawah payung induk perusahaan PT Astra International Tbk. Kesepakatan kerja sama disaksikan kedua prinsipal dari Jepang Toyota Motor Corporation (TMC) dan Daihatsu Motor Company (DMC) dan berlangsung di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta Selatan, Senin (7/11).

Seremoni dilakukan dengan pengenalan generasi kedua low multi purpose vehicle (MPV) Avanza-Xenia. Acara dihadiri Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Dirjen Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian Budi Darmadi, Managing Officer TMC Hiroji Onishi dan Koichi Ina (President DMC Jepang).

Prijono Sugiarto, Presiden Direktur PT Astra International Tbk mengatakan, Avanza-Xenia berhasil menjadi produk sensasional di Indonesia karena mampu memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia. "Sejak 7 tahun kehadirannya, populasi Avanza-Xenia sudah menembus 1 juta unit," jelas Prijono disela perkenalan All New Avanza-Xenia.

Prijono melanjutkan, dua produk ini sudah menggunakan lokal komponen Indonesia sampai 85 persen dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan menyedot 55.730 tenaga kerja dari Astra saja. "Kalau ditambah komponen tier 2 dan tier 3 ditotal-total bisa mencapai 500.000 tenaga kerja," lanjut Prijono.

Budi Darmadi menambahkan, perakitan Avanza-Xenia berhasil menjadi lokomotif industri otomotif dan memboyong komponen ke Indonesia.

Berdasarkan data penjualan Astra, duet Avanza-Xenia sudah diluncurkan sejak 2004 keduanya sudah mencatatkan penjualan 981.230 unit (per Oktober 2011). Total volume ini sama dengan pangsa 22,4 persen dari total pasar (2004-2011) 4,37 juta unit.

Selain menggarap pasar domestik, Avanza-Xenia juga dikirim ke 27 negara di seluruh dunia antara lain, kawasan ASEAN, Timur Tengah dan Amerika Selatan. Sejak 7 tahun lalu total ekspor yang sudah dicatatkan mencapai 113.000 unit.

Sudirman Maman Rusdi, Presiden Direktur ADM, mengatakan, kerja sama Toyota-Daihatsu ini akan berlangsung sesuai keinginan pasar. "Setidaknya 5-7 tahun lagi," beber Sudirman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com