Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda, Yamaha, dan Suzuki Tanpa Kepastian di Thailand

Kompas.com - 02/11/2011, 12:07 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Honda, Yamaha, dan Suzuki masih belum bisa memastikan kapan proses produksi pabriknya di Thailand dimulai kembali. Padahal, ketiganya memastikan tak ada kerusakan di pabrik. Masalah utama, pasokan komponen yang belum tersedia.

Pabrik Yamaha di Bang Na-Trat, 21 kilometer sebelah timur Bangkok, sudah berhenti berproduksi selama 10 hari. Karyawan dikerahkan untuk tetap bersiaga dan membangun tanggul-tanggul mencegah banjir masuk ke area produksi. "Kami harap, November ini kondisi membaik. Kami juga berharap pemasok sudah pulih dan bisa melanjutkan kerja  kembali," ujar juru bicara Yamaha yang tak mau disebutkan namanya, dikutip Bangkok Post, hari ini (2/11).

Suzuki Motor juga menghentikan produksinya dengan alasan sama, tak ada komponen meskipun kondisi permesinan dan peralatan pabrik di Thanyaburi, Pathum Thani, aman.

"Kami belum bisa memastikan kapan produksi dimulai lagi. Satu-satunya jawaban, menunggu pulihnya perusahaan pemasok komponen," ungkap Lertsak Navavinarn, General Manager Sales and Marketing Suzuki Thailand.

Sementara itu, Honda Manufacturing di Lat Krabang, Bangkok, nasibnya sama. Mereka "libur" sejak 11 Oktober, dan kemungkinan kembali beroperasi pada akhir pekan ini. Itu pun belum pasti!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com