Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Volvo XC60 Bisa "Ngerem" Sendiri, Dibanderol Rp 735 Juta

Kompas.com - 21/10/2011, 18:26 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah "mati suri" selama tiga tahun, Jumat (21/10/2011) ini, PT Volvo Indomobil meluncurkan produk terbarunya, XC60, di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Sport utility vehicle (SUV) ini dipasok secara utuh dari Malaysia dengan memanfaatkan skema kerja sama ekonomi ASEAN dan dibanderol Rp 735 juta (on the road Jakarta).

Volvo berharap kehadiran XC60 akan mengembalikan kejayaan merek mobil asal Swedia ini ke posisi puncak. "Kami mau membangun kehidupan baru di Indonesia dan kami melihat masih ada kesempatan," ujar Peter Johnson, Vice President Sales and Marketing Asia Region Volvo Car Corporation, di sela peluncuran XC60.

SUV medium ini menawarkan teknologi baru, City Safety, fitur keamanan pintar yang bisa menghindari kecelakaan dan bekerja pada kecepatan 30 kpj. Saat sensor membaca ada potensi tabrakan, lampu peringatan di dasbor akan menyala. Kalau pengendara terlambat menginjak rem atau tekanannya kurang kuat, mobil ini secara otomatis akan langsung mengerem sendiri.

Volvo membekali XC60 dengan mesin TC5 DOHC 4-silinder, 2.000cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 240PS @5.500 rpm dan torsi 320 Nm @1.800-5.000 rpm. Untuk memindahkan tenaga, Volvo menggunakan transmisi Powershift 6-percepatan. Kemampuan sprint 0-100 kpj, hanya 8,1 detik dengan kecepatan top 200 kpj.

Berdasarkan uji coba di Balai Thermodinamika Motor dan Propulsi Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Indonesia, emisi gas buang karbon dioksida Volvo ini hanya 130 mg per km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com