Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Stop Ber-SMS atau BBM Sambil Berkendara!

Kompas.com - 15/10/2011, 16:47 WIB

TEXAS, KOMPAS.com — Segera hentikan kegiatan ber-SMS atau BBM saat mengemudi atau menunggang sepeda motor. Ini bukan sekadar peringatan biasa. Kebiasaan itu bisa mengurangi refleks dengan sangat signifikan. Berarti, nyawa—diri sendiri ataupun orang lain—bisa melayang.

Christine Yager dari lembaga pendidikan Texas A&M University's Texas Transportation Institute telah melakukan penelitian mengenai pengaruh saat ber-SMS terhadap refleks. Ia mengumpulkan 42 responden berusia 16-54 tahun untuk mengendarai mobil di lintasan khusus dengan rintangan mirip situasi jalan raya yang berjarak 17,7 km. Pengemudi harus berusaha berhenti secepat mungkin saat lampu indikator kuning pada dashboard menyala.

Nah, tes dilakukan dengan dua cara. Pertama, saat SMS. Hasilnya, reaksi pengemudi butuh waktu tiga sampai empat detik untuk menghentikan mobil. Kedua, tanpa SMS cuma butuh satu sampai dua detik.

Menariknya, Yager juga menguji hal yang sama pada beberapa bikers dan hasilnya jauh lebih buruk! Reaksi pengereman 11 kali lipat lebih buruk, bahkan ada yang sama sekali tak menghentikan sepeda motornya. Ini bukti konkret!

"Baik membaca maupun mengetik SMS sambil mengemudi, punya bobot yang sama akan pengalihan konsentrasi. Sangat bahaya," tegas Yager. Bayangkan, kalau mobil di depan yang tiba-tiba berhenti, apa yang terjadi?!

Di Inggris, mengemudi sambil ber-SMS sudah menjadi "dosa" yang diperbolehkan. Tetapi, kini kepolisian setempat sudah menyatakan siap menindak tegas perilaku ini layaknya pelanggaran mengemudi saat mabuk.

Bagaimana di Indonesia? Tampaknya tak ada sanksi meski sudah ada larangan, terutama bagi pengendara mobil, masih ada yang ber-SMS atau BBM.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com